Gali Potensi PAD, Dishub Kapuas Usulkan Regulasi Alur Sungai

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Aktivitas pada alur sungai dinilai sebagai salah satu potensi menggali pendapatan daerah. Potensi tersebut belum mampu dimaksimalkan, mengingat belum adanya regulasi yang mengatur tentang hal tersebut.
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perhubungan Kapuas telah mempersiapkan regulasi tentang alur sungai guna menggali sumber pendapatan asli daerah (PAD), melalui retribusi.
Kepala Dinas Perhubungan Kapuas, Drs Vitrianson mengungkapkan hal tersebut di sela Harhubnas 2019 di jantor Dishub Kapus, Selasa (17/9/2019).
"Terkait Peraturan Bupati (Perbup) alur sungai, kami sudah membuat rancangan Perbup alur ini dan mudah-mudahan tahun ini ditanda tangani oleh Bupati Kapuas," kata Vitrianson.

Alur sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS), lanjutnya, sudah menjadi jalur lalu lintas utama berbagai jenis kapal, tongkang dan lainnya.
Namun untuk mewujudkan rencana itu, kata mantan Kadisdik Kapuas ini, masih butuh tahapan dan proses.
"Dan ini akan segera kami konsultasikan ke Bagian Hukum Setda Kabupaten Kapuas dan Bagian hukum Setda Provinsi Kalteng. Perbub alur ini sangat penting bagi kami karena terkait bagaimana mengamankan alur yang ada, lalu bagaimana meningkatkan PAD dari alur, agar dimanfaatkan dengan baik," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG