Edy Dampingi Sugianto Cek Pasien Dampak Karhutla

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo beserta sejumlah Kepala Dinas lingkup Pemkab setempat mendampingi Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran meninjau kondisi warga yang terpapar asap dampak dari asap karhutla yang melanda sejumlah wilayah di Bumi Handep Handep Hapakat.
Kunjungan berlangsung di RSUD Pulang Pisau, Jalan WAD Duha Komplek Perkantoran Rey IV, Mantaren I, Kahayan Hilir, Selasa (17/9/2019).
Kedua orang hebat tersebut meninjau pasien dan langsung mendengarkan satu-persatu keluhan dari warga yang menjadi korban dari kabut asap yang semakin pekat dan harus mendapatkan perawatan intensif di RSUD Pulang Pisau. 
Dikatakan Kadinkes Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo saat ini masyarakat terserang ISPA dan Diare di sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau cukup banyak. Sehingga dengan adanya kasus tersebut, Dinkes Pulang Pisau terus melakukan upaya konferehensif dalam menyikapi kasus tersebut.
"Kita sudah instruksikan setiap Puskesmas untuk membangun rumah oksigen serta kelengkapan logistik obat. Dan bagi pasien yang cukup parah agar bisa dirujuk ke RSUD Pulpis," katanya kepada wartawan ini, Selasa (17/9/2019).

Tambah Mul, saat ini jumlah pasien terserang ISPA dan Diare yang dirawat di RSUD Pulang Pisau berjumlah 20 pasien, terdiri dari 15 orang terserang ISPA dan 5 orang Diare.
"Untuk rentang usia yang paling banyak itu anak-anak dan lansia," ujarnya.
Sementara, pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu menyantuni sejumlah pasien yang terserang ISPA dampak dari kabut asap yang melanda sejumlah di wilayah di Kalimantan Tengah, termasuk Kabupaten Pulang Pisau.[manan]
loading...
TAG