Dukung Peningkatan SDM, Ahmad Rifa'i: Kades dan Aparatur Desa Harus Belajar Aplikasi Desa

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Ketua sementara DPRD Kabupaten Pulang pisau, H Ahmad Rifa'i sangat mendukung upaya Pemkab Kabuapten Pulang Pisau dalam upaya mendorong peningkatan kapasitas aparatur desa dan operator desa.
Karena, menurutnya, peningkatan kapasitas aparatur desa sangat penting untuk memaksimalkan pelayanan, hingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan  memberdayakan masyarakat desa itu sendiri.
"Peningkatan kapasitas desa kian penting dilakukan karena berpengaruh dengan pembangunan di Kabupaten Pulpis. Dari itu, kegiatan ini sebagai komitmen Pemkab Pulpis dalam membina dan meningkatkan SDM aparatur desa dan kelurahan," ujarnya kepada wartawan media ini, usai menghadiri kegiatan Rakornis di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Senin (9/9/2019).
Dengan itu, lanjutnya, metode dan mekanisme pelaksanaan tugasnya pun juga harus dimaksimalkan dan masih perlu pembinaan serta pelatihan untuk peningkatan kapasitas tersebut. 
"Disini kita berharap kepada para Kades dan  dan aparaturnya jangan terlalu bergantung kepada para operator seolah-olah tak mau belajar terkait penggunaan aplikasi tersebut. Upaya ini tentunya, agar desa bisa memberdayakan dan menggunakan aplikasi itu sendiri dengan sebaik-baiknya.
Misal, tambahnya, apabila operator tidak dapat menjalankan aplikasi desa tentu hal tersebut akan menghambat segala sesuatu kegiatan yang ada di desa.
"Ini nantinya yang kita khawatirkan, apalagi menyangkut masalah keuangan desa. Jadi, kembali saya berharap agar seluruh Kades dan aparaturnya mau mau belajar menggunakan aplikasi itu untuk menciptakan desa yang smart. Coba saja kalau operator ada yang berhalangan dan sebagainya, tentu akan menghambat kelancaran kegiatan desa," tutupnya.
Sementara, dikabarkan usai kegiatan Rakornis, H Rifa'i menyerahkan bantuan peralatan pertanian secara simbolis kepada BUMDes Gandang sebesar 140 juta dari Kementerian Desa (Kemendes).[manan]
loading...
TAG