Dinilai Penting, Pelajar SMA Ini Ikuti Pendidikan Cyber Journalism

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Sedikitnya 25 pelajar SMA 2 Muhammadiyah Palangka Raya mengikuti sosialisasi Pendidikan Jurnalisme Warga atau Citizen Journalism pada Siswa di Gedung Sekolah setempat, Selasa (3/9/2019).
Srie Rosmilawati MI.Kom, salah satu dosen FISIP UMP dan juga Ketua Tim Sosialisasi kepada kabarkalteng.com, Rabu (4/9/2019) menyampaikan, sosialisasi ini digelar dalam rangka pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP).
Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengimbau masyarakat, khususnya para siswa-siswi agar lebih bijak menggunakan sosial media, tidak mudah menyebarkan berita hoaks kepada banyak orang yang dapat berakibat fatal.
"Sosialisasi ini tidak hanya membahas mengenai bagimana cara bijak menggunakan sosial media, tetapi juga tentang kode etik jurnalistik, bagaimana cara menyaring berita hoax, dan cara membuat berita yang baik dan benar," ucapnya.
Ditambahkannya, kegiatan itu pun tidak hanya diberikan materi mengenai Pendidikan Citizen Journalism, para siswa juga diminta untuk membuat makalah yang berisi berita dan artikel seperti yang sudah diajarkan oleh pemateri.
"Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak didik di SMA 2 Muhammadiyah Palangka Raya ini bisa mengerti dan dapat memilah dan memilih mana berita yang benar dan mana berita yang berbau hoax dan SARA," pungkasnya.
Pada kegiatan tersebut tiga orang dosen dari FISIP UMP langsung memberikan materi, di antaranya H Junaidi SH MI Kom, Srie Rosmilawati MI Kom, dan Indah Tri Handayani MAP.[kenedy]
loading...
TAG