Deteksi Stunting, Sejumlah Pelajar di Kapuas Diperiksa Kesehatan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pencegahan dan meminimalisir angka stunting terus dilakukan. Satu di antaranya dengan pemeriksaan di kalangan pelajar. Kali ini peserta didik kelas VII MTsN 1 Kapuas diperiksa kesehatan oleh tim UPT Puskesmas Melati, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.
"Pengecekan meliputi tekanan darah, kondisi mata, telinga, hidung, mulut, gigi, kulit, tinggi badan, dan berat badan serta kebersihan kuku, itu dilakukan pekan kemarin," kata Hj Iriani, ketua tim pemeriksaan kesehatan, Kamis (5/9/2019).
Komponen itu, lanjutnya, merupakan pemeriksaan awal yang sangat penting untuk mengetahui kodisi kesehatan  anak.
Menurutnya, peserta didik yang masih duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah atau setingkat SLTP merupakan masa  pertumbuhan. Untuk itu, dari salah satu pemeriksaan, misalnya tinggi badan, akan diketahui kondisi kesehatannya normal atau tidak.
“Saat ini sedang digalakan pencegahan stunting, yakni keadaan tubuh yang sangat pendek dilihat dari standar baku pengukuran tinggi badan menurut usia yang ditetapkan WHO,” ungkapnya.
Sementara untuk pemeriksaan mata, tambah Hj Iriani, agar mengetahui sejak dini adanya gejala kelainan mata yang dialami oleh peserta didik.
Sebab saat ini penggunaan alat elektronik seperti handphone sangat luar biasa, jika tidak terkontrol akan berpengaruh terhadap kesehatan mata.
“Mungkin ada yang bercita-cita jadi TNI, Polisi atau profesi yang syaratnya tinggi badan dan tidak buta warna atau minus matanya. Dari pemeriksaan ini akan terpantau matanya sehat atau tidak,” beber Hj. Iriani.
Hasil pemeriksaan akan disampaikan kepada pihak madrasah. Selanjutnya jika ada peserta didik yang kesehatannya terganggu atau terindikasi mengidap penyakit tertentu, diharapkan pihak madrasah menginformasikan kepada orang tua/wali agar diperiksa lebih lanjut ke puskemas atau rumah sakit.[zulkifli]
loading...
TAG