Belasan Rumah Warga Desa Mampun Terancam Longsor

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Sedikitnya ada belasan rumah warga Desa Teluk Mampun Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng) terancam longsor akibat abrasi aliran sungai Barito.
Pantauan awak media ini di lapangan, kondisi di lokasi permukiman warga tersebut, sangat memprihatinkan.
H Supian, salah satu tokoh warga setempat kepada kabarkalteng.com berharap Pemerintah Kabupaten Barsel atau Pemerintah Provinsi Kalteng segera memperhatikan masalah tersebut.
"Permasalah tanah longsor ini sebenarnya bukan masalah baru bagi kami warga Desa Teluk Mampun. Akan tetapi, jika dibiarkan berlarut larut dikhawarikan akan membawa korban jiwa," ujar Supian, Senin (23/9/2019).
Ditambahkan dia, beberapa tahun sebelumnya terhitung sudah belasan rumah warga yang hilang, longsor, akibat abrasi arus sungai Barito. Namun hingga saat ini pihak pemerintah belum pernah ada upaya dalam penanggulangannya, baik untuk membuat siring atau memindahkan pemukiman warga yang terancam longsor.
"Seingat kami, semua korban abrasi itu, belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah daerah, terlebih lagi oleh pemerintah desa setempat," beber Supian.
Sementara itu, di tempat yang sama, Armandi warga desa setempat mengatakan, pihaknya bersama sejumlah warga lainnya harus menempati rumah yang terancam longsor di kawasan itu, karena tidak ada pilihan lain.
"Mau tidak mau, kami sekeluarga terpaksa menempati rumah ini. Sekalipun, di setiap harinya kami hidup dalam ke tidak tenangan. Terlebih bila malam telah tiba dan saat turun hujan," tutur Armandi.
Aparat desa setempat ketika dikonfirmasi awak media ini, tampak masih belum bisa memberikan komentar.[laily]
loading...
TAG