Baznas Pulpis Bagikan 100 Paket Zakat untuk Mustahik

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pulang Pisau menyerahkan sedikitnya 100 paket zakat untuk para Mustahik di wilayah kecamatan Kahayan Hilir, antar lain kelurahan Pulang Pisau, kelurahan Anjir, kelurahan Bereng, Gohong dan Desa Mantaren.
Ketua Baznas Kabupaten Pulang Pisau, Drs H Khairil Anwar dalam sambutannya sesaat sebelum penyerahan paket zakat, mengatakan, dana zakat yang dibagikan ini merupakan akumulasi dana zakat yang dikumpulkan oleh UPZ di beberapa dinas instansi dilingkup Pemkab Pulang Pisau.
"Dana zakat ini dikumpulkan baru sejak bulan Mei, Juni, dan Juli. Alhamdulillah kita sudah bisa mengumpulkannya dan kemudian menyerahkannya kepada para Mustahik dalam bentuk bingkisan paket sembako dan uang tunai," ujarnya.
Ia berharap, penerimaan zakat, baik zakat profesi maupun zakat maal oleh Baznas lebih meningkat dimasa-masa mendatang.
"Sejauh ini, penerimaan kami masih sangat kecil sebab masih ada beberapa dinas instansi yang belum membentuk UPZ, dan kami berharap agar pembentukan UPZ ini dilakukan sebelum berakhir tahun 2020," tukasnya.
Dirinya, menambahkan, data penerima Mustahik zakat ini akan terus diperbaharui, masih banyak para Mustahik yang belum terdata. "Jadi ibu bapak sekalian kalau kebetulan ada tetangganya yang belum terdata sementara keadaannya memang memprihatinkan kami harap bersabar untuk kami masukkan ke data penerima zakat selanjutnya," jelasnya.
Selain hari ini, lanjutnya, Baznas kabupaten Pulang Pisau juga akan membagikan beberapa paket zakat lagi ke kelurahan lainnya, seperti Gohong, Bereng, desa Hanjak Maju dan Mantaren.
"Hari ini kami fokuskan pembagiannya di kantor Baznas, besok kami akan langsung mendatangi ke kelurahan kelurahan untuk menyerahkan paket zakat untuk para Mustahik di beberapa tempat seperti desa Gohong, desa Hanjak Maju, desa Mantaren dan desa Anjir," paparnya.
Sementara, dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pulang Pisau, H Ardiansyah AR, mengatakan, pihaknya sangat mendukung eksistensi Baznas di kabupaten ini sebagai lembaga negara resmi yang ditunjuk untuk menghimpun zakat, terutama bagi ASN yang berada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
Rencananya, pihak Kementerian Agama dengan Baznas kabupaten Pulang Pisau akan membuat MoU terkait pungutan dan penyaluran zakat ini.
"Intinya kami sangat mendukung, apalagi kalau pimpinan daerah yaitu Bupati benar-benar serius mendukung Baznas ini, kapan perlu dibuatkan peraturan daerah tentang pengumpulan zakat ini. Sudah sepantasnya kami yang memiliki rezeki lebih membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, dan semoga apa yang diberikan Baznas ini bermanfaat bagi para mustahik," ucapnya.
Kegiatan penyerahan 100 paket zakat ini juga disaksikan oleh Kabag Kesra Setda Pulang Pisau, Drs Sumadi, para ketua UPZ beberapa dinas instansi, tokoh masyarakat dan pimpinan serta pelaksana Baznas.[manan]
loading...
TAG