Bantu Kekurangan Stok Darah, Kodim 1011 Gelar Donor Darah

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sejauh ini jajaran Kodim 1011 Kapuas telah berperan dalam mendukung penyediaan kebutuhan darah di Kabupaten Kapuas. Hal ini diungkapkan dr. Erny Indrawati, pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kapuas.
"Jika ada masyarakat yang memerlukan darah secara mendadak Kodim selalu berusaha untuk membantu kesulitan masyarakat itu, dengan menjadi pendonor," Ungkap Erny, Selasa (1/10/2019).
Seperti kali ini untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74, tahun 2019 yang jatuh pada 5 Oktober, Kodim 1011/Klk menggelar kegiatan sosial donor darah dengan menggandeng PMI Cabang dari RSUD dr. Soemarno Sosroadmodjo
Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono mengatakan, tujuan kegiatan donor darah ini untuk membantu PMI dalam penyediaan cadangan darah yang berada di bank darah, di mana saat ini stok yang ada sangat terbatas.
"Kita berharap kegiatan yang sama bisa juga digelar di instansi lain yang ada di Kabupaten Kapuas," ucap Dandim.
Sebelumnya kegiatan donor darah dilaksanakan di Makodim 1011 pada Senin (30/9/2019) dengan melibatkan beberapa unsur anggota Kodim 1011/Klk sebanyak 28 pendonor, Persit KCK Cabang XXXVII sebanyak 12 pendonor, Polri 15 pendonor, anggota Satpol PP 5 pendonor, dan anggota Damkar 8 Pendonor.
Namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis RSUD Soemarno Sosroadmodjo, pendonor yang memenuhi syarat hanya sebanyak 31 orang.
Alasan utama banyaknya peserta yang belum bisa melakukan donor darah adalah karena masa tenggang waktu pendonor yang belum mencapai 3 bulan untuk melakukan tranfusi darah kembali.
"Banyak peserta yang mau ikut donor, tetapi belum bisa karena mereka baru saja melakukan donor darah kurang dari tiga bulan," pungkas Dandim.[zulkifli]
loading...
TAG