Anak Berkebutuhan Khusus Miliki Hak yang Sama

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Puluhan guru dan kepala sekolah SD dan SMP di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MBK) mengikuti sosialisasi dan Workshop Peningkatan Mutu Guru Penyelenggara Pendidikan Inklusif yang digelar di SDN 6 Mentawa Baru Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Senin (9/9/2019).
Kegiatan ini digelar bertujuan memberikan pemahaman untuk menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar dan memberikan kesempatan pendidikan bagi semua termasuk anak dengan pendidikan khusus serta pengembangan pendidikan inklusif kepada unsur Dinas Pendidikan Kabupaten, Kepala Sekolah Luar Biasa, dan Kepala Sekolah Inklusif.
Kabid SD Dinas Pendidikan Kotim, Muhammad Yamin mengatakan, sekolah wajib menerima siswa yang berkebutuhan khusus untuk bisa bersekolah setara dengan siswa yang reguler.
"Kegiatan sosialisasi dan workshop ini sangat baik dan bisa menambah wawasan kepada guru agar bisa melayani peserta didik yang berkebutuhan khusus," katanya.
Ia juga mengharapkan agar sekolah yang berada di sekitar wilayah Mentawa Baru Ketapang bisa menerima dan melayani siswa berkebutuhan khusus.
Sementara itu, penanggung jawab kegiatan yang juga Kepala SDN 6 Mentawa Baru Hulu, Sajuri SPd menuturkan, setiap orang diberikan kelebihan dan kekurangan, banyak siswa yang berkebutuhan khusus mampu dan bisa berprestasi seperti siswa yang reguler asal bisa diberikan kesempatan.
"Kegiatan ini adalah untuk menyamakan pemahaman mengenai pengelolaan anak yang berkebutuhan khusus di sekolah inklusif," ungkapnya.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi serta praktisi di bidang pendidikan luar biasa, kegiatan ini diikuti oleh 9 SD dan SMP dan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9 hingga 11 September.[tomi]
loading...
TAG