5000 Hektare Luasan Lahan di Pulpis Terbakar

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencatat luas lahan yang terbakar di seluruh wilayah Kabupaten Pulang Pisau hingga September 2019 ini mencapai 5000 hektare lebih.
Itu dikatakan Incident Commander Karhutla Kabupaten Pulang Pisau, Mayor Inf Mulyadi didampingi Kepala BPBD Pulang Pisau, Salahudin di posko induk Karhutla, Selasa (17/9/2019).
"Kita perkirakan luas lahan yang terbakar sampai September ini kurang lebih 5000 hektare. Ini dikarenakan setiap hari selalu terjadi kebakaran lahan di sejumlah daerah ini," katanya.
Menurut Mulyadi, jumlah total luasan lahan yang terbakar itu masih belum final. Karena pihaknya masih belum melakukan rekapitulasi ataupun rapat bersama dalam menentukan luasan lahan yang terbakar akibat karhutla di Kabupaten Pulang Pisau ini.
"Data ini belum fix, nanti menunggu hasil rapat bersama akan kita sampaikan total luasan lahan yang terbakar akibat karhutla," ujar Mulyadi yang juga sebagai Pabung 1011/klik.

Selanjutnya, secara keseluruhan, wilayah yang terbakar sama besar. Artinya karhutla yang terjadi di masing-masing wilayah Kabupaten Pulang Pisau merata.
"Untuk sarana dan prasarananya sendiri dan dibanding dengan titik sebaran api tidak memadai, kedepan kita harapkan itu menjadi tanggung jawab kita bersama," tukasnya.
Sejauh ini faktor penyebab karhutla dari ulah tangan manusia yang tidak bertanggungjawab hingga menyebabkan karhutla disepanjang musim kemarau ini meluas.
"Faktor angin dan lainnya juga menjadi penyebab susahnya sebaran api dipadamkan," tutupnya.[manan]
loading...
TAG