Usai Dilantik, Ahmad Rifai Jabat Ketua DPRD Pulpis Sementara

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Hari ini, Senin (19/8/2019) pagi sebanyak 25 anggota DPRD hasil pemilihan Legislatif 2019 telah dilantik dan diambil sumpah janji oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pulang Pisau, Agung Nugroho di ruang sidang DPRD Kabupaten Pulang Pisau.
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji  disaksikan Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo dan Wakil Bupati Pudjirustaty Narang, serta unsur Forkopimda maupun jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Pulang Pisau.
Usai pelantikan, Sekretaris DPRD Pulang Pisau, Hendra SH, MH langsung mengumumkan unsur pimpinan sementara DPRD Pulang Pisau. Pimpinan sementara ditunjuk dari partai dengan suara terbanyak pertama dan kedua. 
Adapun Partai Golongan Karya (Golkar) memiliki kursi terbanyak pertama dan Pertai PDI Perjuangan memiliki kursi terbanyak kedua di DPRD Kabupaten Pulang Pisau.
"Dengan begitu, dua partai tersebut yang berhak menduduki kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau sementara," ujar Hendra dihadapan 25 anggota DPRD dan tamu undangan lainnya.
Dijelaskannya Hendra, Hal ini berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 165 ayat (2) pimpinan sementara DPRD Kabupaten / Kota sebagaimana dimaksud ayat (1) terdiri dari 1 orang ketua dan 1 (satu) orang wakil ketua yang berasal dari 2 orang partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD Kabupaten /Kota.
Selanjutnya, terang Hendra, dari Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pulang Pisau Nomor 17/PL.01.3-Kpt/6211/KPU-Kab/VII/2019 tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2019, tanggal 29 Juli 2019Berita Acara Nomor 28/BA/PL.01.9-BA/02/KPU-Kab/VII/2019, tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pulang Pisau Pemilihan Umum Tahun 2019, tanggal 29 Juli 2019.
"Jadi, berdasarkan ketentuan itu partai politik yang urutan perolehan kursinya
terbanyak pertama dan kedua di DPRD Kabupaten Pulang Pisau. H Ahmad Rafai sebagai Ketua DRPD sementara dan H Fadli Rahman sebagai wakil ketua sementara," tutupnya.
Sementara, selaku pimpinan dewan sementara dan seluruh anggota dewan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Negeri Pulang Pisau yang telah memandu pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau periode 2019-2024 yang baru kita laksanakan," kata DPRD Pulpis sementara, H Ahmad Rifai didampingi Wakilnya, H Fadli Rahman
Pihaknya juga berharap, setelah ini dapat segera terjalin komunikasi serta kinerja yang baik antara eksekutif dan legislatif sebagai bentuk komitmen dan kelanjutan setelah pengambilan sumpah janji 25 anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau ini.[manan]
loading...
TAG