Ubah Stigma, TPA Palinget Disulap Jadi Tempat Wisata

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, secara umum merupakan sebuah tempat yang kumuh, kotor, bau dan tidak layak untuk dikunjungi.
Namun, manajemen TPA Pelinget mencoba mengubah pandangan negatif mengenai TPA itu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan punya sisi edukatif.
TPA yang terletak di Jalan Pemuda, Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas ini cukup memikat mata.
TPA didekorasi berwarna-warni,
tak lagi tempat jorok nan kumuh, TPA  Palinget dikemas menjadi Wisata Edukasi TPA Pelinget yang edukatif.
Selain sebagai tempat pembuangan akhir, TPA ini juga memiliki taman warna warni, cafe dan gazebo untuk bersantai serta audio musik, pengelolaan gas metan, cacah plastik atau daur ulang, pembuatan pupuk kompos dan pupuk cair.
Bahkan gambar dan tulisan-tulisan yang ada di TPA tersebut juga menjadi daya tarik bagi pengunjung, seperti tulisan moto bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat, pantang menyerah, dan bertanggung jawab.
Kepala Dinas PUPRPKP, melalui Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan, Ahmad Isnaeni, ST, MT mengatakan selain sebagai tempat pembuangan akhir saat ini TPA Palinget juga menjadi taman bermain dan belajar karena pada sabtu minggu banyak anak-anak PAUD serta TK yang datang.
"TPA dilengkapi dengan taman bermain untuk belajar dan bermain dan tahun ini diadakan lomba menggambar dan mewarnai di TPA," kata Isnaeini, Rabu (7/8/2019).
Pengelola TPA Gunawan menambahkan, secara resmi TPA memang belum dibuka untuk umum, tetapi pengunjung dapat diizinkan masuk jika ingin mengunjungi TPA.[zulkifli]
loading...
TAG