Tingkatkan Kualitas Keilmuan, Panitia MTQ Kapuas Gelar Orientasi Pelatihan Dewan Hakim

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna meningkatkan kualitas dan keilmuan Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Kapuas menggelar orientasi pelatihan MTQ ke 44, tingkat Kabupaten Kapuas, di aula Kantor Kemenag, Jalan Tambun Bungai, Kamis (22/08/2019).
Hadir dalam kegiatan itu jajaran pengurus LPTQ Kabupaten Kapuas dan 
Pelatih qori dari Banjarmasin H Muhammad Abduh serta diikuti para peserta pelatihan dewan hakim.
Ketua Umum LPTQ KH Muchtar Ruslan menyampaikan, dewan hakim adalah perangkat yang penting bagi MTQ, merupakan perangkat yang pertama di LPTQ tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan.
"Pada MTQ kali ini peserta yang diundang hanya 20 orang untuk kategori tilawah, tartil dan tahfidz dewasa, remaja, dan anak-anak. Dewan hakim yang diambil hanya 54 orang dari yang biasanya ada 80 orang dewan hakim," kata Muhtar Ruslan.
Menurutnya, dewan hakim akan terbentuk apabila ada LPTQ, panitia dan peserta.
Wakil Ketua LPTQ Kapuas, H Hamidan menambahkan, dewan hakim merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan ajang besar Musabaqah Tilawatil Quran.
"Suksesnya penyelenggaraan MTQ baik kualitas pelaksanaan maupun prestasi, sangat ditentukan kualitas sumber daya manusia dewan hakim yang bertugas. Makin mumpuni mutu dewan hakim, makin baik pula kualitas penyelenggaraan MTQ," kata Hamidhan.
Pelatihan ini diadakan, menurutnya juga guna menyiapkan sumber daya manusia berkualitas di bidang perhakiman Musabaqah Tilawatil Quran.
Adapun jadwal MTQ kali ini dimajukan menjadi bulan Oktober yang seharusnya awal tahun 2020 April dan Mei akan dilaksanakan di Kecamatan Timpah tetapi karena ada situasi tertentu maka MTQ dilaksanakan di Kecamatan Selat dan acara tersebut dimajukan dari jadwal yang seharusnya.[zulkifli]
loading...
TAG