Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Pembuang Hulu Dua

Print Friendly and PDF
KUALA PEMBUANG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak hanya terjadi di wilayah Kota Palangka Raya saja.
Kali ini kebakaran lahan gambut dan semak belukar terjadi di jalan poros Kabupaten Seruyan - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tepatnya di wilayah Desa Pembuang Hulu Dua, Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.
Kapolsek Hanau, Ipda Budi Utomo kepada kabarkalteng.com, Kamis (15/8/2019) mengatakan, peristiwa kebakaran lahan tersebut sudah memasuki hari ketiga, yakni sejak hari Senin yang lalu.
"Berawal dari laporan warga yang melihat ada titik api di lahan gambut dan belukar, lalu kami bergegas beserta tim gabungan dari Polsek, Koramil, Damkar dan BPBD turun langsung ke lapangan untuk memantau dan memadamkan kebakaran tersebut," ungkapnya.
Dalam upaya pemadaman ini, lanjutnya, pihaknya dibantu oleh dua unit mobil pemadam, satu unit dari damkar dan satu unitnya lagi milik BPBD Kabupaten Seruyan.
"Angin yang bertiup cukup kencang membuat lahan yang terbakar dengan cepat merembet hingga mendekati jalan," jelasnya.
Ditambahkannya, akses jalan yang sulit membuat petugas cukup kewalahan untuk memadamkan lahan yang terbakar. Menurut Kapolsek lahan yang terbakar sekitar 5 hektar lebih sampai dengan hari ini.
"Tidak ada batasan waktu untuk upaya memadamkan kebakaran lahan ini, kami mengimbau agar warga lebih berhati-hati dengan masalah kebakaran lahan, karena bisa berakibat merugikan banyak pihak," tutupnya.[tomi]
loading...
TAG