Tes Tertulis Balon Kades di Pulpis Berjalan Lancar, Ini Kata Syariful...!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Seleksi Tes Tertulis Balon Kades Kades dari delapan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau sudah selesai dan berjalan dengan lancar.
Sedikitnya, ada 58 orang balon kades yang mengikuti tes tersebut pada Pilkades serentak 2019. Kegiatan tes sendiri berlangsung di Aula Bappedalitbang Pulang Pisau, Jalan WA Duha Kecamatan Kahayan Hilir, Kamis (8/8/2019).
Dikatakan Sekretaris Umum Panitia Pilkades Serentak 2019, HM Syaripul Pasaribu bahwa seleksi tertulis ini dilakukan untuk menjaring calon kades yang melebihi dari lima orang peserta yang maju di Pilkades serentak 2019 ini.
"Ini sesuai ketentuan yang ada, karena calon kades di masing-masing desa tidak boleh lebih dari 5 orang, maka harus dilakukan penyaringan melalui seleksi tertulis yang kita laksanakan pada Kamis kemarin," ujar Syariful saat dikonfirmasi wartawan media ini, Jumat (9/8/2019).
Dalam seleksi tertulis itu, lanjut Syariful, setiap bakal calon mendapat 100 soal berupa pilihan ganda yang harus dijawab dalam waktu 120 menit yang sudah ditetapkan pihak panitia.
"Setelah itu, tim seleksi melakukan pemeriksaan hasilnya, sehingga akan diketahui siapa peringkat 1 -5 yang dinyatakan berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Untuk soal sendiri diantaranya masalah UUD Desa dan Pancasila," terangnya.
Selanjutnya, tambah Syariful, kegiatan ini benar-benar diterapkan asas kejujuran dan keadilan. Artinya pihak penyelenggara berupaya semaksimal mungkin memastikan bahwa segala bentuk soal yang telah disiapkan oleh Tim Seleksi yang telah ditunjuk benar-benar telah melakukan tugasnya dengan baik tanpa ada seorang pun yang bisa mengintervensi dan mengakses untuk mendapatkan bojoran soal yang akan diujikan itu.
"Bilamana nanti ada yang merasa dirugikan segera dilaporkan untuk segera kami beri tindakan. Perlu kami ingatkan kepada semua balon kades agar dapat berkomitmen bersama dan siap bertanggung jawab kepada seluruh pendukungnya agar dapat mentaati aturan sebagaimana tahapan yang telah ditetapkan dan bila mana ada persoalan harus tuntas terlebih dahulu dalam tahapan tersebut, setelah itu baru dapat dilanjutkan ketahapan berikutnya," pungkasnya.[manan]
loading...
TAG