Tanggulangi Karhutla, KPHL Gerbang Barito Unit IX Bentuk MPA

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Sebagai upaya dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng), Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Gerbang Barito Unit IX membentuk dan memberikan pelatihan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Madara, Kamis (22/8/2019).
Kepala KPHL Gerbang Barito Unit IX, Abdurrahman S.Hut MP mengatakan, pihaknya memilih Desa Madara sebagai pusat kegiatan pembentukan MPA di wilayah Barsel. Ini mengingat wilayah tersebut termasuk wilayah yang rawan munculnya titik api.
"Dengan telah dibentuknya MPA ini diharapkan lebih terjalin sinergitas yang baik antara masyarakat dengan aparat terkait dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan, pembukaan lahan tanpa bakar, serta pengelolaan hasil hutan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
Abdurrahman menerangkan, kebakaran hutan dan lahan selama ini, sementara diduga kuat dilakukan oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.
Maka dari itu, lanjut dia, keberhasilan dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tersebut, tidak lepas dari pentingnya kesadaran masyarakat itu sendiri dalam menjaga kelestarian hutan.
"Untuk sementara ini, kami telah membentuk dan memberikan pelatihan kepada MPA dari perwakilan Desa Madara, Desa Kalahien, Desa Pararapak, Desa Baru, Desa Pamait, dan Desa Bambaler," urai Abdurrahman.
Di tempat yang sama Pj Kepala Desa Madara Kristy Briantomy S.STP kepada awak media ini menuturkan, pihaknya meyakini dengan telah dibentuknya MPA KPHL Gerbang Barito Unit IX itu dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Barsel.
"MPA perwakilan dari sejumlah desa yang telah mendapat pelatihan ini, sangat kami harapkan, untuk dapat bekerjasama dalam mensosialisasikan kepada warga lainnya agar tidak membakar hutan atau  membuka lahan perkebunan tanpa bakar," tutupnya.[laily]
loading...
TAG