Tanggulangi Karhutla, Eddy Raya Siap Jalankan Instruksi Presiden

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) siap menjalankan instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk pengamanan dan penanggulanhan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya di wilayah Kabupaten Barsel.
Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri kepada media ini ketika mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019).
"Kita siap menjalankan instruksi bapak Presiden untuk pengamanan Karhutla di Barito Selatan agar tidak ada titik api lagi dan segera menjalankan kordinasi dengan semua instansi," ucapnya.
Menurut orang nomor satu di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, pihaknya akan terus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait maupun dengan pihak Satgas Gabungan Karhutla serta masyarakat dalam pencegahan Karhurla di wilayah yang dipimpinnya.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara, Menkopolhukam dan Menteri Lingkungan Hidup menyampaikan arahannya dihadapan seluruh tamu undangan pada kegiatan Rakornas itu, Presiden Jokowi menitik beratkan pada upaya penegakan hukum dengan mengedepankan pencegahan dalam bentuk sosialisasi agar tidak membakar lahan.
Lebih lanjut Jokowi menegaskan, agar dapat meningkatkan koordinasi antar institusi maupun satker penanggulangan bencana di daerah agar bisa maksimal dan bersinergi dan mengoptimalisasikan perangkat yang sudah ada seperti sekat kanal serta jangan meremehkan titik hotspot karena itu harus segera ditanggulangi agar tidak menjadi bencana yang terjadi pada tahun 2015 lalu.[kenedy/laily]
loading...
TAG