Tanamkan Penguatan Karakter Religius Melalui Kurban

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah ini, SMPN 3 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi, Senin (12/8/2019).
Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini dilaksanakan di halaman sekolah setempat oleh panitia kurban beserta staf pengajar dan para siswa.
Kepala SMPN 3 Sampit, Dra Hj Siti Hadijah M.MPd kepada kabarkalteng.com mengatakan, melalui kegiatan ibadah kurban ini ditanamkan nilai penguatan karakter religius dan sifat gotong royong serta kepedulian kepada sesama yang kurang beruntung kepada para siswa.
"Kami melakukan pemotongan 3 ekor sapi yang mana 1 ekor sapi dengan berat sekitar 100 kilogram adalah hasil infak dari para siswa yang dikumpulkan per minggunya Rp2000 per siswa dan 2 ekor sapi dari para guru," ujarnya.
Ia menambahkan, daging kurban yang dipotong ini sebagian besar akan dibagikan secara langsung kepada para siswa SMPN 3 Sampit yang kurang mampu, masing-masing anak akan mendapatkan setengah kilogram daging setelah dilakukan pendataan oleh pihak sekolah.
Kemudian juga akan dibagikan 3 kilogram daging sapi per kelas yang akan di masak bersama dengan orang tua siswa untuk syukuran.
Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya sekedar memotong hewan kurban namun memiliki makna tauladan jiwa berkorban dan kepatuhan dari Nabi Ismail kepada orangtuanya Nabi Ibrahim. Di mana hal ini dapat di contoh oleh para siswa agar patuh kepada orangtua di rumah dan guru di sekolah.
"Kami berharap dengan kegiatan pemotongan hewan kurban ini maka para siswa akan memiliki jiwa peduli dan juga jiwa berkorban baik kepada sesama manusia maupun kepada lingkungannya," pungkasnya.[tomi]
loading...
TAG