Sulaiman Resmi Dilantik Sebagai Panitera di PT Palangka Raya

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pengadilan Tinggi (PT) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan terhadap Sulaiman SH MH sebagai panitera pada Pengadilan Tinggi setempat, Selasa (27/8/2019).
Kepala Pengadilan Tinggi Kalteng, Mochamad Hatta mengatakan, jabatan yang diberikan ini merupakan kepercayaan dari Pimpinan Mahkamah Agung (MA) yang telah dilalui melalui fit and proper test, baik kualitas kemampuan maupun assesment telah dilalui dengan hasil baik.
Kalau melihat perjalanan karier Sulaiman ini, lanjutnya, pada pengadilan tingkat pertama pernah menduduki jabatan Panitera di Pengadilan Negeri Kelas I A Bale Bandung, dan Kelas I A Khusus Surakarta.
"Pengalaman yang panjang ini tentu sangat berguna sekali untuk di implementasikan di Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tinggi Palangka Raya ini. Dan yang tidak kalah pentingnya agar kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT dengan menjaga dan memelihara integritas sebaik-baiknya," ucapnya.
Selain itu disampaikannya, pembangunan Zona Integritas (ZI) harus terus dilakukan, pembangunan ZI ini bukan semata-mata mengejar sertifikat WBK/WBBM, meskipun saat ini belum diusulkan ke TPN dan ia minta semangat jangan kendor, justru harus ditingkatkan untuk diusulkan tahun depan.
Untuk diketahui, MA terus bergerak cepat dalam menangkap harapan masyarakat, khususnya pencari keadilan agar proses peradilan berjalan sederhana, cepat dan biaya ringan dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi.
Ditambahkan, regulasi cepat sekali dirubah guna menyesuaikan perkembangan Teknologi Informasi, maka Perma nomor 3 tahun 2018 dirubah menjadi Perma nomor 1 tahun 2019 dan Perma nomor 2 tahun 2015 dirubah menjadi Perma nomor 4 tahun 2019 tentang gugatan sederhana dan seterusnya.
"Itu semua dilalukan guna mempersiapkan praktir peradilan Indonesia setara dengan praktek peradilan modern di negara-negara yang telah maju teknologinya," jelasnya.
"Saya berharap bergabungnya saudara Sulaiman ini akan menambah kekuatan dan menambah kemajuan peradilan di Kalteng, saya juga berharap untuk segera menyesuaikan dan betah tinggal di Palangka Raya," pungkasnya.
Terpisah, Sulaiman menuturkan, intinya tugas panitera itu antara lain membantu tugas pimpinan dalam hal ini ketua, wakil ketua PT Palangka Raya dan mendukung kemajuan PT.
"Langkah ke depan kita liat nanti ya, soalnya masalah-masalah yang dulu saya belum mengetahuinya karena panitera yang saya gantikan sudah pensiun satu bulan yang lalu. Jadi hari ini kita hanya pelantikan dan penyumpahan tanpa ada serah terima," tandasnya.[kenedy/deni]
loading...
TAG