Status Siaga, Polres Kapuas Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Jajaran Polres Kapuas tidak segan-segan melakukan tindakan hukum bagi pelaku yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Kapuas.
Tindakan tegas ini diharapkan bisa memberikan efek jera bagi pelaku dan yang lainnya sehingga tidak ada lagi yang membakar lahan. Langkah ini juga merupakan bagian upaya pencegahan agar kebakaran lahan dan kabut asap tidak sampai terjadi.
Kapolres Kapuas, AKBP Tejo Yuantoro diwakili Kabag Ops Polres Kapuas AKP Iqbal Sengaji didampingi Kasat Reskrim AKP Sony Rizky Anugrah dan Kapolsek Kapuas Barat Ipda Eko Sutrisno dalam keterangan pers rilis di Mapolres, Selasa (6/8/2019) mengatakan, saat ini pihaknya gencar melakukan imbauan kepada masyarakat dengan mengiatkan jajaran Polres Kapuas secara masif.
"Ketika kita melakukan imbauan dan pencegahan saat menemukan pelaku pembakaran hutan dan lahan kita pasti akan lakukan penindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegas Iqbal.
Disampaikan Kabag Ops, situasi saat ini sudah berstatus siaga, sehingga tidak ada lagi tolerir terhadap pelaku Karhutla baik itu perorangan maupun korporasi.
"Upaya pencegahan kita sampaikan sudah jauh-jauh hari agar dalam membuka atau membersihkan lahan tidak dengan cara membakar," terang Iqbal.
Sebab ancaman kebakaran lahan sporadis bisa menyebabkan kabut asap dan bisa berdampak pada pencemaran udara serta berdampak pada kesehatan dan perekonomian masyarakat.
Sementara ini jika terbukti pelaku pembakar hutan dan lahan akan disangkakan dengan Pasal 25 ayat (1) jo Pasal 2 ayat (1) Peraturan Daerah Propinsi Kalimantan Tengah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan atau Lahan.[zulkifli]
loading...
TAG