Sesuai Kearifan Lokal, Syarhil Quran bakal Dilombakan di MTQ Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kapuas yang digelar Oktober mendatang juga memperlombakan Syarhil Qur'an (SQ). SQ merupakan bidang musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan Alquran dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi, terjemah dan uraian yang menunjukan kesatuan yang serasi.
Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kapuas yang juga pelatih Syarhil Qur’an, H Hamidhan menyampaikan terkait pembuatan naskah yang akan disajikan para peserta.
Menurutnya, sebuah naskah syarhil Qur’an itu harus menantang dan sesuai dengan tema yang disampaikan.
“Naskah syarhil Qur’an baiknya up to date dan menyesuaikan kearifan lokal, perlu saya tekankan naskah jangan sampai bertele-tele yang akhirnya membuat naskah keluar dari tema yang dimaksud,” kata Hamidhan, Minggu (4/8/2019).
Menurutnya, LPTQ Kabupaten Kapuas melakukan pembinaan dengan menggelar pelatihan Qiraat Sab’ah dan syarhil Qur’an
"Diikuti oleh 34 peserta dari seluruh Kecamatan dan ditambah beberapa peserta dari sekolah dan umum yang berada di kota Kuala Kapuas, kemaren dilaksanakan pada awal Agustus di Mushalla Kantor Kemenag Kapuas," pungkasnya.
Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H Ahmad Bahruni menyatakan dukungannya atas program LPTQ Kabupaten yang melakukan peningkatan kompetensi peserta-peserta MTQ.
"Itu merupakan program yang sangat bagus apalagi pelatihan tersebut dibuka juga untuk umum dan untuk siswa-siswi madrasah kita yang berpotensi dalam bidang-bidang MTQ. Jadi ini juga merupakan tugas kita mendukung dan memberi apresiasi untuk kemajuan Kabupaten kita pada MTQ mendatang,” kata Bahruni.[zulkifli]
loading...
TAG