Sampel Walangsangit Kapuas Barat Akan Diteliti di Universitas Nagasaki Jepang

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng menjadi tempat untuk pengambilan sampel serangga Walangsangit atau dalam bahasa daerah setempat disebut Hampangau.
Camat Kapuas Barat Deni Harsono membenarkan adanya kedatangan seorang mahasiswa asal negara Jepang bernama Takumkto Kei dari Universitas Nagasaki Jepang ditemani dosen pendampingnya Profesor Mitsura Hahari.
"Tujuan kedatangan mereka untuk mengambil  sampel serangga walangsangit untuk dijadikan bahan penelitian," kata Deny, Jumat (16/8/2019).
Suhardiyo, Kepala Balai Benih Pertanian Kapuas Barat menerangkan, yang menjadi objek penelitian mereka adalah Walangsangit, serangga yang menjadi hama penting pada tanaman budidaya terutama padi.
"Walangsangit ini nantinya akan diteliti lebih lanjut di Universitas Nagasaki Jepang yang nantinya akan dibikin ekstrak atau sebagai bahan alami tanpa bahan kimia untuk pembasmi atau pengusir hama dari walangsangit yang sering merugikan para petani," ucapnya.
Nanti, lanjutnya, hasil dari penelitian tersebut akan diaplikasikan ke lapangan untuk melihat hasil dari penelitian tersebut serta dari segi ekonomis untuk menguntungkan petani.
"Mudahan nantinya bahan alami tersebut bisa membantu petani untuk mengusir hama walangsangit serta meningkatkan hasil produksi pertanian khususnya di Kecamatan Kapuas Barat," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG