Samakan Persepsi, BPBD Kapuas dan Instansi Terkait Apel Gelar Pasukan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas bersama instansi terkait menggelar apel gelar pasukan dan peralatan Posko siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhuta) di Wilayah Kabupaten Kapuas Tahun 2019, di halaman Kantor BPBD, Jalan Kasturi, Kuala Kapuas, Jumat (23/8/2019).
Kegiatan ini diikuti seluruh personel posko gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri BPBD, Dinas Kesehatan  Dinas Pertanian, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.
Apel gelar pasukan juga diikuti Manggala Agni Daops 2, KPHL, KPHP, Damkar Mandiri Kapuas, Balakar 545 Kapuas, Emergency 508 Kapuas, Orari Lokal Kapuas, RAPI Kapuas serta PMI Kapuas.
Sekretaris BPBD Kabupaten Kapuas, Reza Pahlevi menyampaikan laporan rencana kegiatan Posko siaga darurat bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Kapuas.
"Maksud dari pelaksanaan Posko Satgas gabungan pengendalian Karhutla ini adalah untuk memudahkan koordinansi antar instansi dan lembaga," ucap Reza.
Sehingga, lanjut dia, bencana Karhutla dapat ditanggulangi dengan cepat dan terorganisir.
Tujuan Posko juga adalah sebagai upaya pencegahan dini dalam mengantisipasi karhutla dan menghimpun seluruh kekuatan yang ada di bawah satu komando.
"Pelaksanaan Posko di selenggarakan selama 90 hari dan dapat diperpanjang atau di persingkat berdasarkan kondisi dilapangan," terangnya.
Adapun tempat pelaksanaannya  yaitu 1 Posko Induk di Kantor BPBD Kapuas, 4  Pos lapangan di Kecamatan Mantangai, Kapuas Murung, Kapuas Timur dan Kecamatan Basarang.
"Serta ditunjang Pos Patroli di 15 desa yang rawan Karhutla," pungkas Reza.[zulkifli]
loading...
TAG