Relatif Sehat, Jemaah Haji Kapuas Bersiap Jelang Armuzna

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Seluruh jemaah haji asal Kabupaten Kapuas yang tergabung di kelompok terbang (kloter) 8 atau BDJ 008, kini tengah mempersiapkan diri menjelang puncak ibadah haji, yakni wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan melontar jumrah di Mina atau yang disingkat Armuzna.
Ritual puncak ini dijadwalkan pada tanggal 9 Agustus bergerak ke Arafah, tanggal 10 Agustus melakukan wukuf.
Petugas Pembimbing Haji Indonesia (PPHI) Kapuas, H Asyhadi yang saat ini tengah berada di Mekkah mengatakan, jemaah haji Kapuas BDJ 008 relatif sehat.
"Kondisi jamaah relatif sehat ada satu jamaah yang diinfus sejak tadi malam karena lemah tidak mau makan atas nama Sriwahyuni 66 tahun, tapi ini jemaah asal Banjarbaru, Kalsel," kata H Asyhadi, Rabu (7/8/2019).
Saat ini, lanjut dia, jemaah masih berada di hotel dan suhu di Mekkah 31 derajat jemaahpun relatif sehat.
Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Kapuas, Drs H Hidayatullah menambahkan, kondisi secara umum jemaah BDJ 008, sehat aman terkendali.
Khusus kloter 8 Kapuas, ada jemaah batuk flu ini pengaruh alam. Alhamdulillah subuh kemarin ada hujan di sekitar Baitullah beberapa saat. Kami sekarang dalam suasana istirahat di hotel menjelang wukuf di Arafah ke Muzdalifah dan ke Mina untuk melontar selama tiga kali dan berhari raya, demikian dilaporkan dari Mekkah tulis H Hidayat, melalui pesan selular.
Terpisah, Kabag Kemas Kesra Setda Kapuas H Juneidi saat dihubungi media ini mengatakan, jelang Armuzna ini pihaknya meminta para jemaah agar mematuhi arahan tim kesehatan supaya dapat dapat melaksanakan ibadah secara optimal.
"Mudah-mudahanan kesehatan tetap terjaga, apa yang dikonsumsi tidak berlebihan, istirahat cukup sehingga kesehatan tetap terjaga," harapnya.
Ia juga mengingatkan jemaah untuk membiasakan diri dengan berbagai keterbatasan fasilitas saat berada di Armuzna.[zulkifli]
loading...
TAG