Polres Kapuas Amankan Pelaku Karhutla di Kapuas Barat

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kepolisian Resort Kapuas mengamankan satu pelaku yang tertangkap tangan tengah melakukan aktivitas pembakaran hutan di Desa Saka Magkahai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Minggu (4/8/2019).
Adapun terduga pelaku yang diamankan  pihak kepolisian berinisial PA alias Uga (50) seorang guru honorer warga setempat.
Sementara yang bersangkutan akan disangkakan Pasal 25 ayat (1) jo Pasal 2 ayat (1) Peraturan Daerah Propinsi Kalimantan Tengah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan atau Lahan.
Kapolres Kapuas AKBP Tejo Yuantoro diwakili Kabag Ops Polres Kapuas AKP Iqbal Sengaji didampingi Kasat Reskrim AKP Sony Rizky Anugrah dan Kapolsek Kapuas Barat Ipda Eko Sutrisno, mengatakan, terkait penanganan perkara tindak pidana tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tersebut.
"Jajaran Polsek Kapuas Barat telah mengamankan pelaku pembakaran hutan dan lahan di Desa Saka Mangkahai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas," kata Kabag Ops Polres Kapuas AKP Iqbal Sengaji, Selasa (6/8/2019)
Iqbal menguraikan kronologi kejadian berawal pada Hari Sabtu (3/8/2019) sekira pukul 17.00 WIB, di lokasi Iahan tersebut, tersangka tiba di lahan kebun miliknya sendiri. Serelah itu pelaku terduga membersihkan sekitar Iahan tersebut dengan mengumpulkan ranting dan dedaunan yang kering,
"Kemudian terduga prlaku ini membakar dengan menggunakan korek api yang sudah disiapkan, dengan cara disulutan api dari korek tersebut ke daun yang sudah kering hingga api menyala dan membakar tumpukan daun dan ranting kering tersebut," ungkapnya.
Dilanjutkannya, tersangka ini menunggui pembakaran tersebut sampai malam sekitar pukul 19.00 WIB.
Mengingat hari sudah gelap tersangka berusaha memadamkan api hingga menurutnya api di lokasi tersebut saat itu sudah tidak ada lagi lalu pulang. Keesokan harinya, Minggu (4/8/2019) sekitar pukul 05.00 WIB, tersangka kembali lagi ke lokasi lahan kebun tersebut.
"Saat itu tersangka terkejut tenyata api yang sebelumnya diyakini sudah dipadamkan ternyata masih ada baranya dan berasap," bebernya.
Tersangka berusaha mematikan lagi sumber asap tersebut dengan mematikan bara api di sekitar kayu yang terbakar, setelah yakin api tersebut padam, kemudian tersangka meninggalkanya untuk menyadap karet yang lokasinya berjarak sekitar 200 meteran.
Sekitar pukul 10.15 WIB, saat itu tersangka melihat ada beberapa petugas kepolisian yang melintas di areal perkebunan.
Melihat hal tersebut tersangka berpikir jangan-jangan petugas polisi tersebut mendatangi lokasi lahan yang dibakar sebelumnya.
"Setelah itu tersangka segera mendatangi Iahan yang dibakar tersebut kemudian melihat bahwa Iahan yang sebelumnya diyakini sudah dipadamkan bara apinya ternyata apinya membesar dan meluas sekitar dua hektare," terang Kabag Ops.
Pihak Polsek Kapuas Barat yang datang ke lokasi pun langsung berupaya memadamkan api.
Setelah api bisa dipadamkan, tersangka pun langsung diamankan dengan barang bukti empat buah korek api batang yang berbungkus kotak warna kuning merah merek angka satu.[zulkifli]
loading...
TAG