Pimpin TEPRA, Susilo: Serapan Anggaran di Triwulan III Masih di Bawah Target

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Plh Sekda Pulang Pisau, Susilo I Tamin meminta realisasi serapan anggaran di Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau segera ditingkatkan.
Itu disampaikannya saat memimpin rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) tahun 2019, di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Senin (5/8/2019).
"Ini sesuai dengan petunjuk Bapak Bupati, bagi SOPD yang serapan anggaran rendah untuk segera ditingkatkan lagi," kata Susilo kepada awak media.
Menurut Susilo, Rapim TEPRA ini dimaksudkan untuk melaksanakan dan percepatan realisasi, monitoring, evaluasi kegiatan serta penyerapan APBD dan APBN Tahun 2019.
Ini juga dilakukan sebagai upaya tertib administrasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah serta kelancaran dalam pelaksanaan APBD dan APBN Tahun 2019.
"Kita telah berkomitmen bahwa akan membenahi kinerja, baik pelaporan keuangan dan capaian yang ingin dicapai. Karena jika penyerapan anggaran saja tidak terealisasi, maka kebutuhan masyarakat dari program yang dijalankan nantinya berdampak pada Pemkab dan masyarakat itu sendiri," katanya.
Padahal, lanjutnya, target yang harus dicapai pada triwulan III ini adalah 60 persen, namun yang baru terserap baru 40 persen.
"Jadi, antara 18 sampai 20 persen lah kekurangannya. Nah ini kiranya sama-sama dapat diperhatikan oleh SOPD, khusus bagi SOPD yang serapan anggarannya masih sangat rendah," paparnya.
Dengan ini pula, tambah Susilo, besar harapan agar SOPD dapat merumuskan kembali solusi pemecahan masalah dan tindak lanjut sebagai bahan untuk percepatan penyerapan realisasi anggaran rencana pembangunan 2019 ini.
"Juga diharapkan seluruh SOPD secara proaktif menyampaikan laporan realisasi keuangan maupun fisik tepat waktu, itu juga agar laporan dari Kabupaten Pulang Pisau tidak terlambat disampaikan ke Provinsi Kalimantan Tengah," tutupnya.
Sementara dalam kegiatan tersebut dihadiri  Kepala SOPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.[manan]
loading...
TAG