Perpusda Kalteng Gelar Sosialisasi Gemar Baca Tulis

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca dan menulis bagi anak-anak pelajar SLTP dan SLTA.
Kegiatan yang bertajuk Generasi Cerdas Dan Berkarya ini digelar di halaman Perpusda setempat, Kamis (22/8/2019).
Kepala Dinas Perpusda Kalteng, Dra Susana Ria Aden mengajak untuk meningkatkan minat dan budaya baca serta menulis sejak dini, membaca menjadi budaya atau kebiasaan baik di lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perpustakaan dan di berbagai kesempatan.
"Saat ini informasi tidak saja dicari di buku saja namun bisa juga dicari melalui e-Book seperti iKalteng atau I-Pusnas dan Perpustakaan Digital," ucapnya.
Harapan dari kegiatan tersebut agar dapat mendorong para pelajar yang ada di Kalteng lebih gemar membaca dan menulis, dan sepulang dari kegiatan dapat menggali potensi diri secara lebih dalam rangka mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat, cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kompeten, mandiri dan sejahtera.
Beberapa upaya dinas yang beralamat di jalan AIS Nasution, Kota Palangka Raya ini untuk meningkatkan niat baca, yaitu menambah pengadaan 1500 judul buku pada tahun 2019 serta mengadakan bazar buku murah, mengadakan lomba duta baca setiap tahun, mobil baca keliling, serta program-program yang tentu ke depan diupayakan akan meningkatkan minat baca anak-anak di Bumi Tambun Bungai.
"Berbagai upaya ini diharapkan dapat mengenalkan buku-buku dan perpustakaan daerah sejak dini kepada anak-anak sehingga kedepannya minat baca mengalami peningkatan, dan pencapaian misi Gubernur menuju Kalteng Berkah lebih cepat tercapai," pungkasnya.
Kegiatan itu juga diisi dengan beberapa penampilan musik, adapula penampilan salah satu peserta yang akan mewakili Kalteng dalam lomba bercerita tingkat nasional, yakni Andrew yang menampilkan cerita Sanaman Mantikei diiringi alat musik kacapi dan berbagai properti asli Dayak Kalteng.[kenedy/adv]
loading...
TAG