Permintaan Hewan Kurban Meningkat, RPH Jual Stok Sapi ke Pasar

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, permintaan hewan kurban meningkat. Alhasil, hewan kurban seperti sapi dan kambing pun mulai ramai diserbu pembeli.
Kepala UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Sampit Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur, Milla Waluwanja kepada kabarkalteng.com, Senin (5/8/2019) mengatakan, permintaan hewan kurban meningkat.
Karena itu, lanjutnya, stok sapi di UPT RPH Sampit juga ikut diangkut ke tempat penjualan hewan kurban yang banyak terdapat di sepanjang jalan HM Arsyad.
"Tahun ini penjualan hewan kurban cukup laris, terutama jenis sapi Bali dan sapi Madura. Bahkan ada pedagang yang sampai kehabisan stok sapi kurban," ujarnya.
Menurut Milla, seperti tahun sebelumnya permintaan akan hewan kurban jenis sapi dan kambing setelah hari H-nya pun biasanya masih cukup banyak.
Ia menambahkan, sapi yang layak untuk dijadikan hewan kurban adalah sapi yang sudah berumur lebih dari 2 tahun atau sapi dewasa dan sapi tersebut sehat tidak memiliki cacat fisik.
"Kami juga mengimbau kepada panitia kurban yang melaksanakan pemotongan hewan kurban agar bisa melapor ke Dinas Pertanian Kotim, agar kami bisa melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban dan memastikan kehalalannya," pungkasnya.[tomi]
loading...
TAG