Pemprov Kalteng Gelar Rakordal Program Pembangunan

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Program-program Pembangunan Provinsi Kalteng triwulan II tahun anggaran 2019, Rabu (7/8/2019) di aula Bappedalitbang setempat.
Rakordal ini merupakan evaluasi pelaksanaan pembangunan triwulan II tahun 2019, untuk mengendalikan pelaksanaan pembangunan tahun 2019 yang merupakan tahun ketiga (3) RPJMD Provinsi Kalteng tahun 2016-2021.
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan, kondisi saat ini Pemprov Kalteng terus berusaha mencari terobosan untuk meningkatkan pendapatan daerah yang nantinya secara langsung akan meningkatkan besaran APBD Provinsi, untuk mengakomodir keperluan dana pembangunan.
"Upaya peningkatan pendapatan daerah harus kita laksanakan demi kemandirian daerah, agar ketergantungan daerah kepada pemerintah pusat semakin kecil," ucapnya.
Terobosan Pemprov Kalteng, lanjutnya, untuk peningkatan pendapatan daerah adalah salah satunya melalui ekstensifikasi dan intensifikasi pajak daerah serta hibah dari pihak ketiga kepada Pemprov.
"Saya minta Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan program serta kegiatan pembangunan harus sesuai jadwal yang ditetapkan," ujarnya.
Agar, tambahnya, program atau kegiatan dapat terlaksana dengan baik, tepat mutu, tepat waktu dan tepat volume, serta sesuai ketentuan yang berlaku.
Pemprov dan kabupaten/kota harus melakukan upaya-upaya percepatan penyerapan anggaran, khususnya penyerapan belanja langsung sebagai upaya percepatan terealisasinya target-targ et kinerja pembangunan sebagai salah satu komponen terbesar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.
"Dengan memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat, serta mengurangi angka kemiskinan," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG