Pemkab Kapuas Canangkan Kebersihan Berbasis Pemberdayaan Warga

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) gencar melakukan sosialisasi menunbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk membentuk prilaku  hidup sehat.
Kepala Dinas PUPRPKP melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan Ahmad Isnaeini mengatakan, upaya petugas kebersihan tidak akan maksimal bila tidak dibarengi pemberdayaan masyarakat.
"Untuk mengelola kebersihan lingkungan salah satunya dengan memberdayakan masyarakat mulai dari lingkungan RT yang dikoordinir oleh kelurahan," kata Isnaeini, Kamis (15/8/2019).
Pihaknya saat ini gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat termasuk pada kalangan pelajar terkait penanganan dan pengurangan sampah. Menurutnya, perlunya menanamkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan,
"Kita juga sosialisasikan Peraturan daerah (Perda) terkait persampahan tersebut," imbuhnya.
Di mana, sambungnya, di dalam Perda tersebut ditegaskan termasuk ada sanksi jika membuang sampah sembarangan termasuk membuang sampah di sungai.
Untuk optimalisasi penanggulangan masalah sampah akan dilaksanakan dengan melalui Kebersihan berbasis partisipasi masyarakat.
"Karena dengan keterlibatan seluruh masyarakat program ini akan dapat terlaksana sebagai wujud kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG