Pembangunan Kesehatan di Kalteng Butuh Peran Masyarakat dan Dunia Usaha

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Partisipasi masyarakat dalam mendukung pembangunan kesehatan dan pencapaian terhadap indikator kesehatan, perlu terus menerus dilaksanakan.
Dewasa ini penggalangan terhadap potensi dunia usaha atau swasta yang akan memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR), juga perlu diakomodir dalam bentuk kerja sama.
Tiga pilar utama tersebut dapat bersinergi, di samping pemerintah masih ada masyarakat dan dunia usaha yang perlu terlibat di dalamnya masing-masing mempunyai peran tersendiri sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sadar dan mempunyai kemampuan untuk mandiri di bidang kesehatan.
"Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup bersih dan sehat bagi setiap orang serta terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal sehingga dapat hidup produktif," Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, dr Suyuti Syamsul MPPM, Rabu (14/8/2019).
Untuk mencapai tujuan tersebut, tambahnya, bukan hanya ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan dan pelayanan kesehatan, namun keberhasilan pembangunan perlu didukung oleh berbagai elemen masyarakat.
Khususnya, lanjutnya, organisasi kemasyarakatan mengingat pemerintahan tidak akan mampu melakukannya sendiri disamping keterbatasan anggaran yang tersedia.
Berjalan atau tidaknya suatu program dalam mencapai indikator yang telah ditetapkan tidak terlepas dari tertibnya administrasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dukungan data, sarana operasional juga dukungan sarana prasarana melalui promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat sehingga program atau kegiatan dukungan sektoral dalam pelaksanaan gerakan masyarakat sehat dapat dilaksanakan dengan baik, tepat sasaran, tepat waktu dan bermanfaat.
"Penggalangan organisasi masyarakat dan dunia usaha untuk mendukung kesehatan di provinsi merupakan usaha untuk memperoleh mitra potensial yang bersedia bekerjasama untuk bidang kesehatan terutama mendukung Germas," jelasnya.
Ditambahkannya, kegiatan ini dilaksanakan di Provinsi Kalteng dengan sasaran peserta dunia usaha atau organisasi masyarakat.
Adapun tujuan dari kegiatan ini, lankutnya, adalah sosialisasi peran dan meningkatkan dukungan serta komitmen organisasi masyarakat dan dunia usaha untuk mendukung kesehatan di Kalteng sesuai dengan instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
"Tujuannya untuk meningkatkan dukungan serta komitmen organisasi masyarakat dan dunia usaha dalam mendukung kegiatan kesehatan di wilayah Provinsi Kalteng," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG