Peduli Lingkungan, Warga Sebabi Siaga Karhutla

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Menghadapi ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau kali ini warga Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) disiagakan setiap saat.
Ini dimaksudkan agar mereka selalu siap mengatasi dan memadamkannya secara bersama sama dan bergotong royong dengan menggunakan peralatan yang seadanya.
Kepala Desa Sebabi, Dematius S.SH kepada kabarkalteng.com, Selasa (13/8/2019) mengatakan, untuk mengatasi karhutla di desanya hanya mengandalkan 1 unit Tossa pemadam kebakaran dengan kapasitas 700 liter air yang tentunya sangat terbatas, dan memang hanya itu yang pihaknya miliki.
"Kami bergotong royong secara swadaya dan bersama-sama memakai kendaraan milik pribadi seperti mobil, motor, dan mobil tangki untuk mengangkut air guna proses pemadaman," ucapnya.
Ia mengimbau kepada warganya agar selama musim kemarau ini jangan sampai ada yang membakar lahan walaupun lahan itu milik pribadi.
"Sampai dengan saat ini di wilayah Desa Sebabi belum pernah ada terjadi kasus karhutla," bebernya.
Dijelaskannya pula bahwa pihak desa juga telah bekerjasama dengan pihak ketiga atau pihak perusahaan yang berada di wilayah itu seperti PT Sukajadi, PT BSK, dan PT Sinarmas Grup untuk bersama sama membuat embung desa atau kolam air yang dipergunakan untuk memadamkan api bila terjadi karhutla dan sekaligus sebagai sumber air untuk kebun warga.
"Warga Desa Sebabi mengusulkan 30 titik kolam air dan sudah ada 10 titik yang kami survey bersama pihak perusahaan, semoga dalam waktu dekat ini dapat terealisasi," pungkasnya.[tomi]
loading...
TAG