Minimalisir Karhutla, BPBD Kapuas Terus Pantau Hotspot di Sejumlah Wilayah

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas terus meningkatkan kesiagaan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
Kepala pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantaun titik panas di sejumlah wilayah kecamatan.
"Saat ini kami terus memantau hotspot dengan jangkauan cukup luas, hal ini dimaksudkan agar BPBD bisa segera mengambil tindakan bila terjadi bencana Karhutla," kata Sinaga, Rabu (14/8/2019).
Posko siaga darurat Karhutla, Kabupaten Kapuas, lanjutnya, pada Selasa (13/8/2019) telah melaporkan pemantauan titik panas pada lima wilayah, yaitu pada wilayah  Kecamatan Dadahup terpantau 2 hotspot, Kecamatan Timpah 1 hotspot, Kecamatan Mantangai 4 hotdpot, Kecamatan Mandau Talawang 1 hotspot, serta Kecamatan Kapuas Tengah terpantau 1 titik panas.
"Selain itu kami juga melakukan penanganan pemadaman Karhutla pada beberapa wilayah," terang Sinaga.
Tim melakukan penangan dibeberpa wilayah, yakni pemadaman Kahutla Desa Sei Gawing, Kecamatan Mantangai, di Jalan Trans Kalimantan, Desa Sei Gawing, dan pada Kecamatan Mantangai, dengan posisi (-1°51’46” 114°15’14 )
Dalam pemadaman itu personel yang diterjunkan  KPHL Kapuas Kahayan 3 orang, BPBD 1 orang, TNI 3 orang, Polri 1 orang, masyarakat 2 orang.
Dengan peralatan menggunakan kendaraan roda 4, dan kendaraan roda 2 serta didukung nesin pemadam portable beserta kelengkapanya.
"Untuk luasan area terbakar saat ini belum dapat dihitung, selain itu untuk penyebab juga belum bisa dipastikan," pungkas Sinaga.[zulkifli]
loading...
TAG