Miliki Wilayah Luas, Mentawa Baru Ketapang Rawan Karhutla

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawiringin Timur (Kotim) dikenal memiliki wilayah yang cukup luas serta banyak terdapat lahan gambut, tanah kosong, dan semak belukar.
Alhasil, kondisi ini pun membuat wilayah Mentawa Baru Ketapang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Camat Mentawa Baru Ketapang, H Sutimin mengatakan, wilayah yang dipimpinnya tersebut meliputi 6 Desa dan 5 Kelurahan yang semuanya rawan mengalami karhutla.
"Kami memiliki posko di kecamatan yang selalu siaga dengan beranggotakan dari Kecamatan, anggota Polsek Ketapang, anggota Koramil 1015 - 8 Mentawa Baru Ketapang, serta anggota Balakar dari Kelurahan dan Desa," ujarnya, Jumat (23/8/2019) kepada kabarkalteng.com.
Posko tersebut, lanjutnya, mempunyai tugas pokok untuk mengidentifikasi dan melaporkan ke posko Kabupaten Kotim apabila ada peristiwa karhutla di wilayah tersebut
"Pihak kami juga ikut serta melakukan pemadaman apabila terjadi karhutla, namun karena keterbatasan kami sifatnya hanya membantu saja," imbuhnya.
Ia menambahkan, belum lama ini pihaknya mendapatkan bantuan 1 unit tossa pemadam dari pemerintah daerah melalui BPBD Kotim yang sangat membantu untuk menjangkau daerah yang sulit akses jalan apabila menggunakan mobil pemadam.
"Kami mengimbau warga agar selalu waspada dan jangan membuka lahan pertanian dengan cara membakar karena nanti akan terkena sanksi yang berat sesuai dengan undang undang yang berlaku," tandasnya.[tomi]
loading...
TAG