Matangkan Raperda Cagar Budaya, Disbudpar Kalteng Gelar Uji Publik

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi (Disbudpar) Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr Guntur Talajan SH M.Pd resmi membuka Uji Publik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Cagar Budaya Kalteng dan diiringi secara simbolis dengan permainan alat musik kacapi asli Kalteng, Rabu (21/8/2019) yang digelar di M Bahalap Hotel, Kota Palangka Raya.
Guntur mengatakan, uji publik ini bertujuan dalam rangka menyusun Raperda tentang cagar budaya untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan, pemanfaatan serta memajukan cagar budaya yang ada di Bumi Tambun Bungai.
Penyusunan Raperda Cagar Budaya ini merupakan amanah dari Undang-undang Republik Indonesia bomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.
Kegiatan uji publik ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui manfaat dan guna Raperda tentang Cagar Budaya Kalteng ini untuk kepentingan, kemajuan pelestarian, perlindungan, pengamanan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya sebagai identitas pemersatu bangsa Indonesia dan kesejahteraan masyarakat Kalteng khususnya.
"Dengan adanya Uji Publik ini, saya harapkan masukan, saran serta kritik agar nantinya Raperda ini benar-benar memberi manfaat bagi pelestarian dan perlindungan cagar budaya serta kemajuan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kalimantan Tengah menuju Kalteng Berkah," tutupnya.
Pada kegiatan itu hadir pula perwakilan narasumber dari tim ahli tentang cagar budaya dan penyusunan Raperda, Budhy Sancoyo MA, Kepala Balai Arkeologi Kalimantan Selatan, Drs Nuralam, tokoh budaya Kalteng, JJ Kusni, Kepala Balai wilayah Kalimantan, perwakilan Dewan Adat Dayak (DAD Kalteng.[kenedy/adv]
loading...
TAG