Masuki Agustus, Pelatihan di BLK Kotim Berjalan Lancar

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Pelatihan berbagai kejuruan yamg digelar di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), hingga memasuki awal Agustus ini tampak berjalan dengan baik dan tanpa kendala apapun.
Kepala Sub Bagian Tata Usaha BLK Kotim, Salman Al Farisi Amd mengatakan, dari delapan macam kejuruan yang dilaksanakan sudah ada beberapa jurusan yang selesai.
"Yang sudah selesai pelaksanaannya jurusan boga pada tanggal 19 Juli 2019, mekanik sepeda motor 26 Juli 2019, garmen, rias dan elektro pada tanggal 9 Juli 2019, jurusan las dan listrik tanggal 16 Juli 2019 dan yang berakhir pada hari ini tanggal 2 Agustus 2019 adalah jurusan komputer," terang Salman kepada kabarkalteng.com, Jumat (2/8/2019).
Ditambahkannya, pada pekan depan akan dilaksanakan uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang akan diikuti peserta jurusan komputer, tepatnya pada 5 hingga 7 Agustus 2019.  Kemudian jurusan garmen dimulai dari 9 hingga  11 Agustus 2019 dan terakhir jurusan las dan listrik pada 18 hingga 20 Agustus 2019.
"Penutupan keseluruhan pelatihan akan dilaksanakan serentak semua jurusan walaupun sudah ada yang duluan selesai pada tanggal 19 agustus 2019 nanti. Itu juga nantinya sekaligus penyerahan sertifikat pelatihan dan uang transport para peserta," bebernya.
Ketika diitanya mengenai peserta yang mengundurkan diri selama pelatihan, Salman menjelaskan, ada beberapa peserta dari jurusan listrik dan elektro yang mengundurkan diri dengan alasan ada yang telah diterima bekerja dan beberapa alasan lainnya.
Namun demikian, pihaknya tetap akan memberikan uang transport peserta sesuai dengan kehadiran mereka selama mengikuti pelatihan di BLK.
Ia berharap setelah selesai mengikuti kegiatan pelatihan diharapkan kepada para peserta yang telah lulus dapat memanfaatkan skill dan kemampuannya baik dengan membuka usaha secara mandiri maupun bekerja di tempat usaha lainnya.
Karena, tambahnya, untuk jenis kejuruan seperti las, teknisi otomotif dan listrik banyak dibutuhkan di perusahaan yang ada di Kotim.
"Kami selama ini juga telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan sawit di Kotim, yaitu PT Best Agro dalam hal perekrutan lulusan BLK," tutupnya.[tomi]
loading...
TAG