Manfaatkan Dana Desa, Pemkab Dorong BUMDes Kembangkan Potensi Perikanan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perikanan setempat mendorong sejumlah desa untuk melakukan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
Ini bisa dilakukam dengan memanfaatkan sumber daya alam lokal menggali potensi usaha budidaya perikanan guna menunjang perekonomian desa, dengan tujuan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan di desa.
John Pita Kadang, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas mengatakan, saat ini desa-desa di Kabupaten Kapuas diwajibkan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.
"Dimana dengan badan usaha tersebut bisa berkonstribusi selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki setiap desa,"  ucap John, Sabtu (31/8/2019)
Dengan disalurkannya Dana Desa yang nilainya tidak sedikit, lanjut dia, bagi desa dapat mengembangkan BUMDesnya untuk menggali potensi perikanan di Kabupaten Kapuas, khususnya melalui budidaya perikanan air tawar.
"Kemarin kami bersama Dinas PMD melakukan pendampingan bagi sejumlah Kades dan pengurus BUMDes
melakukan kunjungan ke Balai Perikanan Budidaya Ikan Tawar di Mandiangin, Kalsel," terang mantan Kabag Umum Setda Kapuas ini.
Terkait dengan tujuan dari kunjungan tersebut sambungnya, di mana juga melibatkan pihak desa. Ini guna pengembangan potensi perikanan dan diharapkan desa bisa tertarik dan menganggarkannya melalui dana desa (DD).
Hasil kunjungan itu, menurutnya, pihak balai perikanan merespon positif strategi Dinas Perikanan Kapuas dalam melibatkan desa untuk menggali potensi budidaya air tawar dengan penggunaan dana desa, pihak balai berpendapat hal itu suatu terobosan yang perlu di contoh daerah lain.
"Kami bersama-sama para peserta meninjau langsung tata cara pembudidayaan ikan, baik itu kolam maupun dengan sistem bioflok yang lagi trend saat ini, selain itu juga kami sudah melihat langsung tata cara pembuatan pelet ikan," pungkas John.[zulkifli]
loading...
TAG