Lurah Paliansyah: Keberadaan Poskamling Sangat Diperlukan

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Keberadaan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) sangat berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat (Kamtibmas) minimal di lingkungan warga masih sangat perlu untuk terus dihidupkan.
Lurah Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Paliansyah mengatakan, semenjak ia menjabat sebagai Lurah dari tahun 2017 hingga sekarang poskamling di wilayah yang dipimpinnya terus di aktifkan meskipun hanya secara swadaya antar warga dan sederhana.
"Wilayah Kelurahan Baamang Barat terdiri dari 24 RT dan 3 RW, cukup padat dengan jumlah penduduk yang mencapai 10.000 jiwa," katanya kepada kabarkalteng.com, Jumat (30/8/2019).
Dengan jumlah penduduk yang padat itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan kamtibmas perlu di cegah sejak dini dengan mendirikan poskamling di tiap RT.
Selain untuk mencegah gangguan kamtibmas, tambahnya, keberadaan poskamling memasuki musim kemarau ini sangat berguna untuk mencegah peristiwa karhutla di lingkungan masing masing. Selain personil yang selalu siap siaga di tiap poskamling juga dilengkapi dengan alat komunikasi radio (HT) agar komunikasi antar warga bisa berjalan dengan lancar.
"Wilayah Kelurahan Baamang Barat banyak memiliki lahan gambut dan semak belukar hingga rawan dan rentan sekali dengan kebakaran," bebernya.
Pihak Kelurahan Baamang Barat juga selalu mengimbau warga bisa bersama sama menjaga lingkungan agar selalu aman dan nyaman bebas dari gangguan kamtibmas dan karhutla.
"Selain secara bersama kita menjaga kamtibmas di wilayah Kelurahan Baamang Barat, saya juga ingatkan agar warga yang memiliki lahan jangan sampai membuka lahannya dengan cara membakar karena berakibat merugikan orang lain dan dapat dikenakan sanksi hukuman yang berat," pungkasnya.[tomi]
loading...
TAG