Lestarikan Warisan Budaya, Pemuda Ini Setia Geluti Kerajinan Getah Nyatu

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kerajinan tangan bernilai seni dan berdaya jual tinggi, salah satu kerajinan khas suku Dayak Kalimantan Tengah yaitu kerajinan getah nyatu. Selain bentuk-bentuk perahu yang beragam getah nyatu juga dibentuk menjadi replika prajurit Dayak lengkap dengan aksesiris yang digunakan.
Frasnsius, salah satu pengrajin getah nyatu di Kabupaten Kapuas, Kalteng menuturkan olahan kerajinan getah nyatu ini selain dapat diberikan warna-warna yang terang, kedetailan pada getah nyatu ini juga tinggi sehingga cocok dijadikan hiasan atau dekorasi ruangan.
"Saya mengembangkan usaha kerajinan ini mengikuti jejak orang tua dan dengan nat melestarikan budaya warisan" tutur Frans, kepada media ini, Sabtu (24/8/2019).
Usaha kerajinan itu, lanjut pria yang berdomisili di Jalan Pemuda ini, sudah digelutinya sejak puluhan tahun berawal dari orang tuanya saat tinggal di daerah Kapuas Sebrang.
Gatner Eka Tarung, salah satu tokoh masyarakat Dayak setempat mengatakan bahwa kerajinan getah nyatu merupakan salah satu kekayaan kebudayaan nusantara yang beragam, yang perlu menjadi perhatian untuk dilestarikan.
"Mengingat saat ini bahan baku untuk kerajinan ini sulit didapatkan, ini perlu perhatian untuk melastarikan salah satu warisan seni budaya khas Suka Dayak," kata Gatner.
Kerajinan getah nyatu ini, lanjut Gatner, lahir dari kearifan lokal budaya setempat.
"Salah satu warisan seni lahir dari kearifan lokal untuk tetap melestarikan dan hidup harmonis dengan alam," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG