Legislator Ini Ingin Tes Tertulis Pilkades Profesional dan Independen

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Arianson mengharapkan proses tahapan Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Pulang Pisau berjalan jujur dan adil. Mengingat katanya, calon yang terpilih nanti akan menjadi pimpinan di lingkungan desa.
"Kita sangat berharap proses Pilkades serentak ini berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Artinya jangan sampai ada kecurangan-kecurangan mewarnai pesta demokrasi di lingkungan desa ini," ujarnya kepada sejumlah awak media, Rabu (7/8/2019) malam.
Selain hal tersebut, lanjut Arianson, pihaknya juga berharap kepada penyelenggara atau petugas yang ditunjuk DPMD kabupaten agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan profesional serta independen, khususnya saat pelaksanaan tes tertulis kepada para bakal calon kades yang melebihi dari lima orang calon.
"Harapan dewan adalah pihak yang di tunjuk oleh BPMD sebagai petugas dalam pelaksanan tes tertulis untuk seluruh calon kades harus bersifat profesional dan indefenden. Jangan nantinya karena ada diantara calon yang dikenal lama oleh petugas lalu memberikan bocoran terkait soal dalam tes tertulis nantinya. Ini tentunya akan menjadi permasalahan untuk calon kades yang lain," tuturnya.
Dari itu, tambahnya, bagi petugas dan para calon kades yang berlomba di Pilkades serentak ini harus mengedepankan sifat kejujuran, karena amanah kades ini sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat desa.
"Menjadi kades ini juga sama seperti menjadi kepala daerah, karena sifatnya sebagai pimpinan, namun bedanya hanya skala desa. Jadi, nantinya bagi para kades terpilih  memerlukan sifat kejujuran dan benar-benar pengabdian untuk masyarakat. Bagi pemilih, pilihlah calon kades yang bebas dari KKN, jujur, pintar, karena itu sesuai dengan harapan Bapak Presiden kita, yakni Bapak H Joko Widodo atau Jokowi," pungkasnya.
Dirinya juga menambahkan, dari hasil tes atau ada calon yang tereliminasi nanti sebagai tugas pengawasan pihak DPRD Pulpis sudah siap menerima laporan apabila ada indikasi kecurangan atau hal yang tidak masuk akal dalam tahapannya sehingga ada keraguan di antara calon kades lainnya yang merasa di rugikan haknya.[manan]
loading...
TAG