Kokohkan Kedaulatan, Jaga dan Pelihara Keragaman

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah dan tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan.
Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, memiliki jiwa bela negara, dan berkarakter.
"Negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya perlu kita jaga dan pelihara, sehingga apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita tidak akan sia-sia. Karena dengan keharmonisan keragaman yang telah ada akan memperkokoh kedaulatan dan keutuhan NKRI," ucap Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng, Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Kamis (29/8/2019).
Harus disadari, lanjutnya, kemajuan pembangunan yang dicapai saat ini telah memberi dampak positif maupun negatif dalam kehidupan dan perkembangan masyarakat, lebih-lebih generasi muda.
"Eksistensi Kakak-kakak dalam pembinaan anggota muda dan anggota dewasa sangat dibutuhkan masyarakat dan Negara," imbuhnya.
Istri dari orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga berharap agar sebagai anggota pramuka untuk selalu mengembangkan semangat pengabdian yang ikhlas, rela berkorban dan menolong sesama, serta mencintai lingkungan yang berlandaskan Satya dan Darma Pramuka.
"Saya juga mengharapkan kepada seluruh jajaran Kwartir Cabang, Kwartir Ranting dan Gugus Depan untuk lebih meningkatkan kualitas dan mutu kepramukaan di masing-masing wilayah agar kualitas sumber daya manusia di Kalimantan Tengah dapat sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia," harapnya.
Ia juga sangat menyambut gembira dan menaruh perhatian serta menghargai kehadiran peserta pada forum penting ini sebagai upaya koordinasi, informasi dan komunikasi dalam berbagai hal antara Kwartir Daerah dengan Kwartir Cabang dan Satuan Karya, sehingga tercipta kesatuan pemahaman bahasa dan gerak langkah dalam rangka meningkatkan peran serta Pramuka dalam pembangunan bangsa.[kenedy/adv]
loading...
TAG