Kanwil Kemenkumham Kalteng Gelar Rakor Pembinaan Kadarkum

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Rapat koordinasi (Rakor) dan diskusi terkait persiapan penyusunan dan pengaturan acara serta pembentukan panitia pembinaan dan pembentukan kelompok keluarga sadar hukum (kadarkum) dan peresmian desa/kelurahan serta sekolah sadar hukum Kalimantan Tengah (Kalteng) dipimpin langsung oleh Plt Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalteng, Bambang Iriana Djajaatmadja, Selasa (13/8/2019).
Rakor tersebut juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Cahyani Suryandari, Kepala Divisi Administrasi, Sucipto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Hanibal serta para pejabat administrator, pengawas dan pelaksana Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dilingkungan Kanwil Kemenkumham setempat serta Kepala dan perwakilan UPT se Kota Palangka Raya yang dilibatkan sebagai panitia pendukung dalam kegiatan tersebut.
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM berharap dengan adanya kegiatan ini untuk menambah jumlah desa sadar hukum yang ada di Kalteng, dan satu hal yang perlu dicatat apakah peresmian tersebut berbarengan dengan lomba sadar hukum serta acara peresmian kelurahan sadar hukum dengan pemerintah daerah.
"Desa atau Kelurahan Sadar Hukum merupakan wujud nyata dari kesadaran hukum masyarakat, karena memenuhi kriteria-kriteria kesadaran hukum sebuah desa atau kelurahan dan telah menjalani proses panjang dari pembentukan kelompok keluarga sadar hukum, desa atau kelurahan binaan," ucap Cahyani.
Diuraikan, Kepala Bagian Hukum menjelaskan, tercatat 51 desa yang berpartisipasi dalam kadarkum ini, dari 14 kabupaten ada 11 kabupaten yang sudah menginformasikan ke pihaknya untuk persiapan desa sadar hukum.
Sementara, Bambang Iriana Djajaatmadja menegaskan kepada seluruh tim pendukung yang terlibat dalam kegiatan ini agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab.
Selain itu, dalam pembentukan panitia ini hal yang menjadi poin penting adalah masalah transportasi, konsumsi, perlengkapan dan keamanan harus di susun dengan baik.
"Mari Kita bersama sama menyukseskan acara ini, maka dari itu kita minta kerjasamanya sesuai dengan bidangnya masing-masing," tutur Kakanwil.
Diakhir rapat tersebut Kepala Divisi Administrasi menambahkan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan yang ada di tusi Yankum, karena itu adalah tugas bersama dan pihaknya memberi masukan untuk pembentukan tim kecil.
"Direncanakan Peresmian Desa/Kelurahan dan Pelajar Sadar Hukum tahun ini akan jatuh pada bulan September 2019," pungkasnya.[kenedy]
loading...
TAG