Jelang Pilkada 2020, KPU Kapuas Gelar Evaluasi Kampanye

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar evaluasi fasilitasi kampanye pacsa Pemilu serentak legislatif dan Pilpres tahun 2019.
Kegiatan dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Kapuas dan empat komisioner lainnya, di aula Bapeda Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, Jumat (2/8/2019).
Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura, mengatakan, tujuan digelar evaluasi tersebut untuk menindaklajuti surat KPU RI Nomor: 1000/PL.01.6-SD/KPU/VII/2019 tentang kegiatan evaluasi fasilitas kampanye Pemilu 2019.
Kemudian juga untuk mengetahui kelemahan-kelemahan terhadap proses tahapan kampanye yang sudah dilakukan dengan baik selama ini, mulai dari tahapan kampanye terbuka dan tertutup. Terutama di zona yang sudah ditetapkan serta di media cetak dan elektronik dan dunia maya.
Kegiatan dihadiri perwakilan pemerintah daerah, Kesbangpol dan Disdukcapil, Bawaslu, perwakilan Partai Politik di Kabupaten Kapuas, serta ormas lainnya.
Komisioner KPU Divisi  SDM dan Parmas, Muntiara menambahkan, hasil kesimpulan dari evaluasi yang dirangkum untuk disampaikan ke KPU RI melalui Rakor evaluasi fasilitasi kampanye di tingkat KPU Provinsi beberapa hari ke depan ini
"Alhamdulillah dari evaluasi yang paling banyak perlu dikaji dan ditegaskan lagi berkaitan dengan jarak zona pemasangan APK terutama di sejumlah persimpangan yang sudah ditetapkan pemerintah daerah. Selain itu partisipasi parpol dalam hal pelaksanaan pemasangan APK yang tertib," ujar Muntiara.
Menurutnya, sistem penindakan terhadap pelanggaran juga menjadi salah saru sasaran evaluasi. Terutama pemahaman regulasi masih beda tafsir, kedepan agar sama persepsi terkait regulasi tersebut.
"Ke depan di Pemilu 2020 kita akan tingkatkan betul sosialisasi agar lebih maksimal. Dan meminimalisir pelanggaran baik pemasangan APK dan penentuan zonanya. Karena kampanye ini sangatlah rentan dan potensi munculnya persoalan dalam pemilu," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG