Ivo: Produk Kerajinan Bisa Jadi Andalan Mata Pencaharian

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng 2019 resmi dibuka Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Yuel Tanggara, Sabtu (31/8/2019) di Ball Room Hotel Aquarius.
Di momen ini, Ketua Dekranasda Kalteng, Yulistra Ivo Azhari menuturkan, industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat berkembang hampir diseluruh pelosok tanah air dan sangat bervariasi dari skala mikro, kecil sampai skala menengah.
"Industri ini peranannya cukup strategis dalam perekonomian nasional karena secara historis sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia," ujarnya.
Oleh sebab itu, tambahnya, produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama dengan pemanfaatan sumber daya kita di Kalteng dan pengembangan kearifan lokal.
"Kekayaan sumber daya alam dan budaya kita menjadi inspirasi bagi berkembangnya produk kerajinan dan ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk terus menjaga, menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Bumi Tambun Bungai ini," tandasnya
Sebelumnya, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam amanatnya yang disampaikan Yuel mengatakan, kerajinan khas Kalteng seperti anyaman rotan, getah nyato, mandau, ukiran kayu, benang bintik, adalah warisan budaya mendapat sambutan yang baik dari warga lokal hingga luar Kalteng.
Selain itu, para perajin dan desianer generasi muda sudah bermunculan seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, terutama mengikuti tren pemasaran melalui sosial media yang begitu gencar.
"Peran Dekranasda sebagai induk dan payung para perajin untuk membina pengembangan dan menumbuhkan bagi pelaku usaha industri kecil menengah, kerajinan milenial melalui program dan mensinegritaskan program-program dengan Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Kalteng," ucapnya.
Ditambahkannya, peran serta instansi pemerintah, BUMD dan swasta di daerah sangat diharapkan untuk dapat memacu menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
"Dengan kegiatan ini semoga dapat mewujudkan tujuan yang sangat penting dalam menyokong dan mendorong pelaku usaha IKM kerajinan serta meningkatnya daya saing produk unggulan daerah kita," pungkasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG