Intrusi Air Laut Ganggu Layanan, PDAM Kapuas Imbau Pelanggan Hemat Air

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Di tengah-tengah musim kemarau yang terjadi belakangan ini, mengakibatkan layanan air bersih di kota Kapuas mulai terganggu.
Pasalnya, air baku sungai Kapuas Murung terintrusi air laut yakni adanya proses masuknya air laut mengganti air tawar, sehingga PDAM Kapuas harus mengoperasikan instalasi cadangan di Palingkau yang kapasitasnya masih terbatas bahkan rawan gangguan pada jaringan pipa.
Direktur PDAM Kabupaten Kapuas, Agus Cahyono ST menerangkan, di saat musim kemarau ini PDAM hanya mampu memproduksi air 50 persen dari kapasitas yang ada.
"Kami berkeinginan memberikan pelayanan air bersih yang maksimal,  namun karena keterbatasan kapasitas produksi, sehingga dengan sangat terpaksa kami berlakukan secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan," jelas Agus, Jumat (23/8/2019).
Pihaknya pun mengimbau kepada pelanggan PDAM agar tidak menggunakan mesin pompa atau mesin penyedot jenis apapun.
"Sebab hal itu berdampak terganggunya jaringan pipa," imbuh Agus.
Pihaknya mengharapkan pada pelanggan agar mempersiapkan penampungan air bersih secukupnya sewaktu air mengalir.
"Sehingga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan minimum, kita imbau  pelanggan dapat menggunakan air bersih sehemat mungkin" harap Direktur PDAM ini.
Atas ketidaknyamanan ini, PDAM menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan, kiranya dapat memaklumi kondisi pada saat sedang kemarau ini.[zulkifli]
loading...
TAG