Ini Masjid dan Musala di Kahayan Hilir yang Diukur Arah Kiblatnya...!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Kemenag Kabupaten Pulang Pisau melakukan pengukuran arah Kiblat di tiga lokasi tempat ibadah umat Muslim di Kecamatan Kahayan Hilir.
Ketiga tempat tersebut di antaranya Musala Pemkab Pulang Pisau di Jalan Lintas Kalimantan Desa Gohong, Masjid Al-Furqon di Jalan Pacitan Desa Mantaren 7, dan Musala Kemenag Pulang Pisau di Jalan Lintas Kalimantan Mantaren 1.
Pengukuran dipimpin Kepala Bidang Bimas Islam Kasi Urais dan Binsyar Kemenag Kalteng H Abdul Hakim bersama Kepala Penyelenggara Syariah Kemenag Pulpis, Hadriansyah, Sabtu (24/8/2019).
Turut hadir pada kegiatan tersebut Kabag Kesra Setda Pulang Pisau, Sumadi, Kepala KUA Kecamatan Kahayan Hilir, Najmuddin.
Kepala Petugas dari tim pengukuran arah kiblat, Kakanwil Kalteng, H Abdul Hakim mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar permintaan atau permohonan dari pihak pengurus masjid atau musala di Kecamatan Kahayan Hilir.
"Jadi untuk pengukuran arah kiblat ini harus ada permohonan dari pihak pengurus Masjid ataupun Musala terlebih dahulu baru bisa kita laksanakan," katanya.
Pengukuran arah kiblat sendiri, lanjutnya, dilakukan dengan fasilitas atau alat diantaranya Theodolit, Kompas, dan GPS yang fungsinya untuk menentukan titik koordinat arah Kiblat.
"Di mana untuk hasilnya sendiri nanti akan dimasukan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Hisab dan Rukyat atau SIHAT. Nah, di situ akan tertulis berapa derajat, nama mesin, serta alamatnya" ucapnya.
Sementara itu, Kepala Penyelenggara Syariah Kemenag Pulang Pisau, Hadriansyah mengatakan bahwa pihaknya melakukan permohonan dikarenakan keterbatasan alat untuk pengukuran arah kiblat tersebut.
"Oleh karena itu kami melakukan permohonan kepada pihak Kanwil Kemenag Kalteng yang telah memiliki alat untuk mengukur arah Kiblat sesuai permintaan Masjid dan Musholla di Pulang Pisau," ungkapnya.
Dirinya berharap agar nantinya Kemenag Pulang Pisau bisa memiliki alat tersebut dan tentunya semoga ada perhatian dari Stakeholder terkait
"Pengukuran arah kiblat ini juga bisa dilakukan bagi masjid dan musholla yang sudah maupun yang belum dibangun," tutupnya.[manan]
loading...
TAG