Hadapi Pemilu 2020, Bawaslu Pulpis Kroscek Data Pemilih

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya meminimalisasi terjadinya persoalan terkait data pemilih pada pemilihan kepala daerah 2020 mendatang mulai dilakukam, di mana Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar pemilihan Gubernur (Pilgub).
Karena itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memerlukan persiapan-persiapan matang dan terukur, termasuk yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau.
Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau Ubeng Itun mengatakan, data pemilih merupakan salah satu fokus utama yang menjadi perhatian lembaganya. Ini sesuai instruksi Bawaslu RI kepada semua jajarannya sejak tahapan awal pemilu yang akan dimulai pada September 2019 bisa melakukan pengawasan tentang data pemilih secara berkelanjutan.
"Untuk data pemilih berkelanjutan ini, kami diperintahkan untuk melakukan kroscek data ke semua pihak terkait, baik ke Dinas Dukcapil, KPU bahkan hingga ke tingkat kecamatan," ucap Ubeng kepada media ini, Senin (5/8/2019).
Dengan adanya kroscek data pemilih berkelanjutan ini, jelas Ubeng, diharapkan semua pihak dapat melakukan antisipasi dan mencarikan solusi secepatnya jika terdapat persoalan atau masalah kedepannya.
Ia mencontohkan satu yang harus segera dibenahi adalah daftar pemilih khusus (DPK) pada pemilu serentak 2019 (Pilpres dan Pileg) lalu. Kemudian, kepemilikan KTP elektronik yang menjadi salah satu syarat utama seseorang bisa terdaftar sebagai pemilih.
"Kami juga akan turut mengawasi warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el, maupun mereka yang ada Pilpres dan Pileg tadi masuk dalam DPK. Kalau misalnya di pemilu kemarin orang yang dari luar daerah bisa masuk DPK, maka dalam Pilkada 2020 nanti itu tidak bisa lagi. Karena pemilih di pilkada harus orang yang memiliki KTP-el dan berdomisili di daerah ini juga," ujar Ubeng.
Terkait hal tersebut, tambah Ubeng, pihaknya  dalam waktu kurang lebih dua bulan kedepan pihaknya akan melakukan kroscek data pemilih berkelanjutan.
“Untuk Pilgub ini, nantinya kami juga akan menyiapkan perangkat, agar data yang ada menjadi gambaran untuk pemilih di Kabupaten Pulpis,” tutupnya.[manan]
loading...
TAG