Hadapi Kompetisi Sains Berbasis Online, Kemenag Kapuas Gelar Simulasi KSM

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) berbasis komputer sudah mulai diusung dan digunakan pada tingkat provinsi. Para pesertanya pun mulai mempersiapkan mental guna mengikuti lomba ini.
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengelar simulasi kompetisi sains madrasah secara online di lab komputer MAN, Jalan Keruing Kuala Kapuas, Kamis (8/8/2019).
Simulasi tersebut diikuti pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kapuas yang sudah meraih peringkat teratas pada seleksi sebelumnya.
Hadir dalam kegiatan itu Kepala MI, Kepala MTs, Kepala MA, serta para pendamping, dan pihak MAN Kapuas selaku tuan rumah kegiatan tersebut.
Kasi Pendidikan Madrasah, H Sajarwan yang melihat langsung kegiatan itu mengatakan, simulasi ini digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan sistem berbasis komputer.
“Simulasi ini dilaksanakan secara serentak pada seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia. Dengan simulasi ini diharapkan siswa yang lolos dalam kegiatan KSM tingkat Kabupaten tersebut dapat menyesuaikan diri dengan KSM ditingkat propinsi yang menggunakan CBT,” terang Sajarwan.
Untuk mata pelajaran yang diuji adalah matematika dan IPA untuk tingkat MI, matematika, IPA terpadu dan IPS terpadu untuk tingkat MTs.
Sementara untuk tingkat MA adalah matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi.
Pada ujicoba ini, peserta KSM Online diperkenalkan dengan aplikasi yang disiapkan Kementerian Agama. Selanjutnya, peserta mengakses sistem dan menginput data dan mengikuti langkah yang ditentukan oleh sistem.[zulkifli]
loading...
TAG