Gubernur Kalteng: Tindak Tegas Pelaku Pembakar Lahan

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) dan mengakibatkan kabut asap ini membuat geram Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran.
Gubernur meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindak tegas kepada pelaku pembakar lahan dengan sengaja yang baru saja ditangkap.
"Saya selaku Gubernur meminta supaya ini betul-betul, untuk memberi dampak jera, ada tindakan hukum yang transparan," ucapnya, Kamis (15/8/2019).
Diketahui sebelumnya bahwa, petugas Satpol PP Kota Palangka Raya berhasil menangkap terduga pelaku pembakar lahan di Jalan G Obos 14, pada Selasa, (13/8/2019) lalu dan selanjutnya terduga pelaku diserahkan ke Polres Palangka Raya guna proses lebih lanjut.
"Tindakan pembakaran hutan maupun lahan tidak perlu dilakukan dengan alasan apapun. Sebab dampak kebakaran hutan dan lahan merugikan semua masyarakat," tegasnya.
Dengan adanya penangkapan itu, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap aparat penegak hukum termasuk yang terlibat didalamnya untuk terus bekerja keras menanggulangi kathutla.
Juga diharapkan aparatur pemerintah baik provinsi, kabupaten, kota, RT, Damang, Mantir hingga organisasi Dayak di Kalteng ikut terlibat menelusuri siapa pelakunya.
"Itu untuk menjaga. Kalau ada pelaku, tangkap dan serahkan ke pihak yang berwajib," tandasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG