Gubernur Kalteng: Parameter SDM Unggul untuk Bersaing dan Bertahan di Era Global

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kalteng menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2019) di halaman Kantor Dishub setempat.
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam amanat tertulis yang dibacakan Kepala Dishub, Ati Mulyati mengatakan, bertolak dari kondisi nyata dan isu faktual yang dihadapi ke depan, pada perayaan 74 tahun kemerdekaan RI kali ini bertajuk, SDM Unggul Indonesia Maju dan pada tajuk tersebut, terdapat 2 pokok pikiran yang saling berkaitan dan bersinergi yaitu SDM Unggul dan Indonesia Maju.
"Pertanyaan bagi kita adalah kualitas seperti apakah sebenarnya yang disebut SDM unggul, dan bagaimana wujud Indonesia Maju itu. Apabila diinventarisir, ada banyak definisi dan kriteria untuk mengidentifikasi apa yang dimaksud dengan SDM Unggul," ucapnya.
Untuk dapat maju, lanjutnya, bersaing dan bertahan dalam era global yang kompetitif ini, ia menyimpulkan ada 2 parameter yang dapat dipakai untuk membedakan seseorang dapat dikatakan sebagai SDM Unggul yakni, menyangkut karakter, dan menyangkut kemampuan atau kapasitas.
Dirinya juga menjelaskan, karakter yang diharapkan ada pada diri seorang manusia unggul diantaranya, dedikasi, disiplin, jujur, inovatif, tekun dan ulet, yang memiliki kemampuan, mengembangkan jejaring kerja (Net Work) kerja sama (Team Work) dan meningkatkan kualitas diri serta produk kerja.
"Dalam pidatonya tanggal 14 Juli 2019 di Bogor, Presiden terpilih hasil Pemilu 2019 Bapak Joko Widodo menyampaikan Visi Indonesia bahwa Indonesia Maju adalah Indonesia yang tidak ada satu pun rakyatnya tertinggal untuk meraih cita-citanya," imbuhnya.
Lebih lanjut, Indonesia yang demokratis, yang hasilnya dinikmati oleh seluruh rakyat indonesia yang setiap warga negaranya memiliki hak yang sama di depan hukum. Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kelas dunia, indonesia yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa dan negara dalam dunia yang semakin kompetitif.
"Indonesia yang maju tersebut tentu saja hanya dapat dicapai apabila kita berhasil mewujudkan SDM yang unggul dengan secara tepat memanfaatkan bonus demografi tersebut," tandasnya.[kenedy/adv]
loading...
TAG